Dark/Light Mode

Komjen M Iriawan Masuk Bursa Calon Ketum PSSI

Senin, 4 Maret 2019 08:54 WIB
Komjen M Iriawan atau dikenal Iwan Bule disebut pantas jadi Ketua Umum PSSI. (Foto : istimewa)
Komjen M Iriawan atau dikenal Iwan Bule disebut pantas jadi Ketua Umum PSSI. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama-nama calon Ketum PSSI terus bermunculan. Sempat ramai dibicarakan Erick Thohir dan Muhaimin Iskandar, kini nama Komjen Mochamad Iriawan digadang-gadang masuk bursa calon Ketum PSSI.

Mantan Kapolda Jabar itu didukung oleh Asprov DKI dan Jabar. “Beliau sangat cocok memimpin PSSI,” ucap Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta Uden Kusumawijaya di Jakarta, Senin (4/3).

Hal senada disampaikan Ketua Asprov PSSI Jawa Barat Tommy Apriantono, anggota Komite Eksekutif PSSI Yunus Nusi, dan Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar yang dihubungi terpisah.

M Iriawan, atau lebih akrab disapa Iwan Bule, saat ini menjabat Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Iwan menjadi Pembina Persib Bandung sejak 2009.

Baca juga : Petinggi Vatikan Divonis Bersalah Cabuli Sejumlah Bocah

Sementara ini yang sudah terang-terangan berambisi memimpin PSSI empat tahun ke depan adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Erick Thohir, sedangkan Iwan Bule masih adem-ayem saja. “Justru begitulah. Kita berikan jabatan kepada yang tidak meminta,” kata Uden.

Selain dikenal tegas, kata Uden, Iwan Bule juga dikenal bersih, berintegritas dan profesional. “PSSI membutuhkan sosok yang tegas dan bersih itu,” tegas Uden.

Ketua Asprov PSSI Jabar Tommy Apriantono pun mendukung Iwan Bule untuk maju dalam bursa pencalonan Ketum PSSI. Ia menilai Iwan bisa membawa perubahan bagi persepakbolaan di Indonesia. “Pak Iwan sebagai calon dari Jabar," katanya sambil menjamin seluruh voters dari Jabar akan memilih Iwan.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Yunus Nusi berpandamgan sama. Sepeninggal Edy Rahmayadi yang mengundurkan diri dari jabatan Ketum PSSI dalam Kongres PSSI di Bali, 20 Januari 2019, PSSI membutuhkan sosok yang tegas, bersih, berintegritas dan profesional. “Apalagi Pak Iwan punya cukup banyak waktu,” ujarnya.

Baca juga : Kemerdekaan Perempuan Di Masa Nabi Muhammad SAW

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengaku sudah pasti akan mengajukan Iwan Bule sebagai calon Ketum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang sudah diputuskan secara bulat oleh Komite Eksekutif PSSI untuk digelar dalam waktu dekat, usai penetapan Pelaksana Tugas (Plt) Ketum PSSI Joko Driyono sebagai tersangka match fixing (mafia pengaturan skor pertandingan).

“PSSI membutuhkan sosok berani seperti Maung (harimau) untuk membersihkan PSSI, dan karakter itu ada pada diri Pak Iwan,” katanya.

Karena sudah lama bergaul, Umuh mengaku sudah benar-benar mengetahui karakter dan jiwa kepemimpinan atau leadership Iwan Bule, karena selain pernah menjadi Kapolda Jabar, Iwan juga menjadi Pembina Persib sejak 2009, serta Penjabat Gubernur Jabar selama proses Pilkada Jabar 2018.

“Kami yakin Pak Iwan akan mampu membawa PSSI ke arah yang lebih baik, terutama menciptakan prestasi sepak bola di percaturan internasional. Leadership dan integritas beliau sudah teruji,” katanya.

Baca juga : Jangan Ada Yang Tidak Berkeringat Yang Pimpin PSSI

Mochamad Iriawan yang lahir di Jakarta, 31 Maret 1962, adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1984. Iwan pernah menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :