Dark/Light Mode

Ajax Vs Liverpool, Tembok Si Merah Keropos

Rabu, 21 Oktober 2020 05:27 WIB
Dua andalan Liverpool, Sadio Mane dan Mo Salah. (Foto : Istimewa)
Dua andalan Liverpool, Sadio Mane dan Mo Salah. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajax menjamu Liverpool di laga pembuka Grup D Liga Champions 2020-2021. Laga ini akan berlangsung di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Kamis (22/10) dini hari nanti WIB.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp sangat menantikan laga menghadapi Ajax Amsterdam, lantaran kagum dengan filosofi menyerang wakil Belanda ini.

Kedua tim punya sejarah panjang di ajang ini sejak bernama Piala Champions. Selain itu, baik Liverpool dan Ajax sama-sama mengusung sepakbola menyerang.

Klopp pernah berjumpa Ajax saat masih menukangi Borussia Dortmund pada fase Grup Liga Champions 2012/2013. Waktu itu, Klopp mengantarkan Dortmund meraih kemenangan atas 4-1 dan 1-0 atas De Godenzonen saat itu.

Baca juga : Liverpool Vs Aston Villa, Si Merah Masih Lapar

Meski Ajax kalah, sepakbola menyerang mereka bikin manajer asal Jerman ini kagum. Dengan filosofi tersebut, Ajax juga sukses menembus semifinal Liga Champions 2018/2019.

“Jika Anda membicarakan sepakbola Eropa, Liverpool 100 persen pasti ada di dalamnya. Begitu pula Ajax. Salah satu hal menarik dari waktu saya di Dortmund adalah dua pertandingan melawan Ajax,” ujar Klopp, dikutip dari laman resmi Liverpool.

“Ajax sedikit mengubah filosofi mereka (dan) mendatangkan beberapa pemain berpengalaman. (Daley) Blind, (Dusan) Tadic (Quincy) Promes, dan (Davy) Klaassen ada di sana. Beberapa pemain yang memulai karier di Ajax telah kembali. Mereka menggabungkannya dengan para pemain muda berbakat,” sambung Klopp.

The Reds dipastikan tidak akan diperkuat Virgil van Dijk dan Alisson Becker setidaknya sampai pertengahan November 2020. Kabar terbaru, Van Dijk dipastikan naik meja operasi karena cedera ligamen lutut atau biasa disebut anterior cruciate ligament (ACL).

Baca juga : Liverpool Vs Arsenal : The Gunners Ngedrop

Sedangkan Alisson masih dalam perawatan cedera bahu yang didapatnya saat mengikuti latihan rutin Liverpool awal Oktober lalu. Kehilangan Van Dijk dan Alisson secara bersamaan sangat memberatkan bagi sektor belakang The Reds.

Sementara Ajax Amsterdam baru mampu menang sekali dalam enam pertemuan terakhirnya dengan klub-klub asal Inggris. Kesempatan Ajax untuk lolos dari fase grup Liga Champions lumayan terbuka.

Selain Liverpool, mereka kini akan bersaing dengan Atalanta BC dan FC Midtjylland. Pelatih Erik ten Hag baru saja meraih kemenangan 5-1 dari Heerenveen pada Minggu lalu.

Winger Dusan Tadic mencetak brace dalam laga tersebut, sekaligus mempertahankan rekor kemenangan 100 persen di kandang sendiri. Selain Tadic, pemain kunci seperti Quincy Promes dan Antony juga siap diturunkan.

Baca juga : Piala Liga Inggris : Liverpool, Man City dan Villa Masih Mulus

Kiprah Antony layak dinantikan. Pemain yang baru saja didatangkan dari klub Brasil, Sao Paolo, mampu mengisi peran Hakim Ziyech yang hengkang ke Chelsea. Dia telah mencetak tiga gol dari lima laga Eredivisie musim ini. [OSP]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.