Dark/Light Mode

Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23

Bertemu Thailand Dan Vietnam, Garuda Muda Pantang Ngeper

Rabu, 13 Maret 2019 19:02 WIB
Timnas U-22 usai juara Piala AFF beberapa waktu lalu. (Foto : twitter@imam_nahrawi)
Timnas U-22 usai juara Piala AFF beberapa waktu lalu. (Foto : twitter@imam_nahrawi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Merujuk hasil drawing, Garuda Muda tergabung di Grup K pada kualifikasi Piala Asia U-23. Rencananya, laga kualifikasi bakal digelar di Vietnam pada 22-26 Maret 2019. Menariknya, di dalam grup itu, Timnas U-23 satu grup dengan Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Dua negara yang disebut di awal sebelumnya juga menjadi lawan bagi Timnas U-23 pada Februari 2019. Ketika itu, titelnya adalah Piala AFF U-22 2019. Hasilnya, Timnas U-22 pun meraih juara dengan mengalahkan Vietnam 1-0 di babak semifinal dan menang 2-1 atas Thailand di partai final sekaligus mengunci gelar juara.

Baca juga : Hore! Garuda Muda Lolos Ke Final Piala AFF

Namun, selepas turnamen, Thailand mengumumkan jika pemain mereka di Piala AFF U-22 bukanlah merupakan skuat inti. Karena, tim utama mereka disimpan untuk memberikan kejutan kepada Timnas U-23 di babak kualifikasi nanti.

Pelatih timnas Thailand, Alexander Gama, menyebut bakal melakukan perombakan di dalam timnya. Begitu juga Vietnam. Mereka menunjuk pelatih baru asal Korea Selatan, Lee Young-jin usai dikalahkan Indonesia dan memanggil tujuh pemain jebolan Piala Asia yang absen pada Piala AFF U-22 lalu.

Baca juga : Ditahan Malaysia, Garuda Muda Kurang Antisipasi Bola Mati

Tujuh pemain ini tidak dipanggil ke Piala AFF U-22 agar bisa mendapat waktu istirahat usai menjalani turnamen berat di Uni Emirat Arab. Tujuh pemain yang bisa dipanggil Vietnam adalah Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Quang Hai, dan Ha Duc Cinh. Satu nama yang akan menjadi sorotan adalah Nguyen Quang Hai yang merupakan pemain terbaik Piala AFF 2018.

Menanggapi hal ini, pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri mengaku tak gentar. "Tidak perlu berpendapat lagi. Respons saya, satu, saya bersyukur saya udah pernah berhadapan dengan mereka. Yang kedua, saya bersyukur lagi dia (Vietnam) rombak timnya," ujar Indra di Stadion Madya, Senayan, Rabu (13/3).

Baca juga : Lawan Myanmar, Garuda Muda Kantongi Satu Poin

Pelatih berdarah Minang itu berfokus untuk menyiapkan strategi agar pemain selalu dalam kondisi bugar saat harus menjalani tiga laga dalam lima hari. "Lalu yang ketiga, ya, kami dengan situasi yang sama, istirahat hanya sehari, dan kami sudah biasakan di sini, dengan turnamen, dengan uji coba nanti kami akan bikin seperti itu. Kami akan bikin dengan interval satu hari," tegas mantan pelatih Bali United itu.

Di Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 akan mengawali perjalanan mereka menghadapi Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3). Dua hari kemudian, Osvaldo Haay dan kawan-kawan akan menghadapi tuan rumah Vietnam. Pada laga pamungkas, Timnas U-22 ditantang Brunei Darussalam pada (26/3). [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.