Dark/Light Mode

Tahun Depan, Jalan Raya Jeddah Bakal Diubah Jadi Sirkuit F1

Jumat, 30 Oktober 2020 12:40 WIB
Ajang Formula One untuk kali pertama digelar di Arab Saudi. (Foto : Istimewa)
Ajang Formula One untuk kali pertama digelar di Arab Saudi. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Arab Saudi untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1 pada tahun depan. Balapan jet darat itu digelar di sirkuit jalan raya kota Jeddah. Rencana ini sudah masuk draf kalender yang terdiri 23 seri yang diserahkan kepada tim-tim.

Arab Saudi ditambahkan ke kalender, kemungkinan dipasangkan dengan seri pemungkas di Abu Dhabi. Jeddah, kota terbesar kedua di negara itu akan menggelar balapan jika sirkuit sampai sirkuit yang dibangun khusus di Qiddiya sekitar satu jam perjalanan dari ibu kota Riyadh dibangun.

Baca juga : Pialanya Kasih Ke Pak Luhut

Resor hiburan di Qiddiya yang luas berada di jantung strategi ambisius untuk membuka ekonomi dan melonggarkan batasan sosial. Arab Saudi juga akan menggelar Reli Dakar pada Januari sedangkan seri balap mobil listrik Formula E memiliki dua balapan di Diriyah pada 26-27 Februari.

Kemudian seri offroad mobil elektrik Extreme E bakal digelar 20-21 Maret di Al Ula. Penggagas Formula E dan Extreme E Alejandro Agag mengaku mendengar banyak rumor Formula 1 datang tahun depan.

Baca juga : Nggak Dapat Restu Raja, Anwar Gagal Lagi Jadi PM

Formula 1 tahun ini mengumumkan kemitraan jangka panjang dengan raksasa perusahaan energi milik negara Saudi Aramco dan telah mengadakan sejumlah pembicaraan terkait balapan di Arab Saudi. Tim-tim kompetitor F1 telah ditunjukkan draf kalender 2021 dengan versi final sepertinya akan dipublikasikan dalam beberapa pekan ke depan. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.