Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalani Amanah Orangtua, Sukses Di Kampung Ikan Asap Binaan Pertagas

Senin, 12 Oktober 2020 21:19 WIB
Resto Apung Seba di Desa Penatarsewu, Tanggulangin, Sidoarjo. (Istimewa)
Resto Apung Seba di Desa Penatarsewu, Tanggulangin, Sidoarjo. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bayu Setyawan (28) mengaku tak pernah membayangkan jika pesan orang tuanya beberapa waktu lalu untuk menetap di kampung halamannya, menuai hasil.

Buah manis menjalani amanah itu makin dirasakan setelah munculnya program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Gas (Pertagas) yang produktif dengan mendirikan Resto Apung Seba di Desa Penatarsewu, Tanggulangin, Sidoarjo.

Sempat kesulitan saat awal hadapi wabah Corona (Covid-19), namun saat ini bisnis Resto Apung tetap bertahan. Bayu menceritakan, dirinya bisa masuk Resto Apung hasil program bantuan produktif dari Pertagas. Ini juga tak lepas dari kesabarannya dalam menjalani pesan kedua orang tuanya.

Peresmian Resto Apung Seba Program Kampung Ikan Asap Binaan PT Pertamina Gas (Pertagas). (Dok. Pertagas)

Bayu lahir dan besar di Desa Penatarsewu, Tanggulangin, Sidoarjo. Hingga sekarang dia menetap di desa tersebut. Sebelumnya, dia merantau untuk menjalani pendidikan serta menekuni karir. Berlatar belakang pendidikan jurusan manajemen perhotelan di Surabaya High School (SHS).

Baca juga : Kalau Sayang Keluarga, Please Jangan Berkerumun

Dari pendidikannya di SHS inilah yang mengantarkannya meraih pengalaman di berbagai industri pariwisata, baik di Surabaya bahkan sampai Malaysia. Namun suatu ketika, orang tuanya kemudian menyarankan agar mencari nafkah di desa saja.

Kalau perlu, membantu mengembangkan desanya yang dikenal memproduksi ikan asap hingga dikenal dengan sebutan Kampung Ikan Asap. Pesan dari kedua orang tuanya dia anggap sebagai amanah yang harus dijalani.

Meski kadang dia merenung lantaran ilmu dan pengalamannya yang diperoleh selama ini seperti terkunci di kampung halamannya sendiri.

Berkat kesabarannya bertahan menjalani amanah orang tuanya itu, Bayu pun menemukan kesempatan baru, yakni dipercaya untuk menjadi cook leader di Resto Apung Seba oleh Pertagas.

Baca juga : Maria Ozawa, Suka Hoki Lapangan Gegara Rok Mini

"Saya juga mendapat informasi dari Pak Lurah katanya di Desa dibangun resto. Sampai sekarang saya ikut bergabung," ungkapnya.

Sekedar informasi, Pertagas memiliki program CSR yang sangat produktif di Penatarsewu. Dengan melibatkan BUMDes Penatarsewu, disana Pertagas membentuk Resto Apung Seba, yakni rumah makan dengan pemandangan hijau yang terletak di tengah danau serta dikelilingi rerumputan.

"Sebagai cook leader, saya bertanggungjawab untuk mempersiapkan hidangan terbaik bagi pelanggan Resto Apung," tutur Bayu.

Resto Apung ini menyerap sumber daya asli lokal. Menu unggulannya meliputi mujair panceng, kelo kuning, mangut, dan aneka olahan ikan asap lainnya. Bersama Pertagas, BUMDes, dan jajaran perangkat Desa Penatarsewu, masakan Bayu dan anggota resto lainnya dapat dikenal meluas.

Baca juga : Mardani: Erick Sukses Lakukan Banyak Transformasi dan Efisiensi

"Saya tak pernah menyangka, bahwa amanah dari orangtua bisa membuahkan hasil yang berkah seperti ini," katanya
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.