Dark/Light Mode

Diego Maradona: Legenda Sepakbola Argentina Meninggal Di Usia 60 Tahun

Kamis, 26 November 2020 00:25 WIB
Diego Maradona saat memegang trofi Piala Dunia, setelah Argentina mengalahkan Jerman Barat di final pada 1986. [Foto: AP / Carlo Fumagalli - File]
Diego Maradona saat memegang trofi Piala Dunia, setelah Argentina mengalahkan Jerman Barat di final pada 1986. [Foto: AP / Carlo Fumagalli - File]

RM.id  Rakyat Merdeka - Legenda sepak bola Diego Maradona, salah satu pemain terhebat sepanjang masa, meninggal pada usia 60 tahun.

Mantan gelandang serang dan manajer Argentina itu, seperti dikutip BBC menderita serangan jantung di rumahnya di Buenos Aires. Dia berhasil menjalani operasi akibat pembekuan darah otak pada awal November dan harus dirawat karena ketergantungan alkohol.

Maradona adalah kapten ketika Argentina memenangkan Piala Dunia 1986, mencetak gol 'Tangan Tuhan' yang terkenal melawan Inggris di perempat final.

Baca juga : Legenda Sepak Bola Indonesia Ricky Yacobi Tutup Usia

Dalam sebuah pernyataan di media sosial, Asosiasi Sepak Bola Argentina mengungkapkan "kesedihan yang terdalam atas wafatnya legenda kami. Anda akan selalu ada di hati kami."

Maradona bermain untuk Barcelona dan Napoli selama karir klubnya, memenangkan dua gelar Serie A bersama tim Italia tersebut. Dia mencetak 34 gol dalam 91 penampilan untuk Argentina, mewakili mereka di empat Piala Dunia.

Maradona memimpin negaranya ke final pada 1990 di Italia, di mana mereka dikalahkan oleh Jerman Barat, sebelum menjadi kapten lagi di Amerika Serikat pada 1994, tetapi dipulangkan setelah gagal dalam tes obat efedrin.

Baca juga : Kabar Duka, Aa Gatot Brajamusti Meninggal Dunia

Selama paruh kedua karirnya, Maradona berjuang akibat kecanduan kokain dan dilarang bermain selama 15 bulan, setelah dinyatakan positif menggunakan obat tersebut pada 1991.

Dia pensiun dari sepak bola profesional pada 1997, pada ulang tahunnya yang ke-37.

Setelah sempat menangani dua tim di Argentina selama karir bermainnya, Maradona ditunjuk sebagai pelatih kepala tim nasional pada 2008, namun mundur setelah Piala Dunia 2010, ketika timnya dikalahkan Jerman di perempat final.

Baca juga : Pemeran James Bond, Sean Connery Meninggal Dunia Saat Tidur

Dia kemudian mengelola tim di Uni Emirat Arab dan Meksiko dan menangani Gimnasia y Esgrima di papan atas Argentina pada saat wafatnya. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.