Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Tegaskan Road Map Sepak Bola Nasional Penting Untuk Pembibitan Pemain

Jumat, 27 November 2020 17:26 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Istimewa)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora RI Zainudin Amali menyatakan terus bergerak cepat untuk mengaplikasikan road map sepakbola nasional sebagai modal untuk pembibitan pemain-pemain muda Indonesia.

Hal itu disampaikan Menpora secara virtual pada acara Talkshow 'Coffe Break' melalui virtual dari SitRoom, Kemenpora RI, Kamis (26/11).

Zainudin Amali menyatakan setelah terbitnya Inpres nomor 3 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan sepak bola nasional. Kemenpora langsung bergerak cepat dan langsung berkoordinasi dengan Kemenko PMK, PSSI dan stekehokder olahraga lainnya.

Baca juga : Menkes Beri Penghargaan Untuk Tiga Bandara Angkasa Pura I

Karena adanya kondisi Pandemi Covid-19 memang sempat terkendala, namun semua berjalan dengan baik dikerjakan berbarengan dengan program reguler di Kemenpora RI.

Menurutnya dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama menghasilkan road map atau peta jalan percepatan pembangunan sepakbola nasional. "Ini adalah hasil kolaborasi kita semua dengan berbagai pihak dan tentu seluruh stakeholder sepakbola," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/11).

"Satu-satunya cabor yang ada instruksi presiden untuk memajukan cabor itu hanya sepakbola. Karena sepakbola yang diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan seluruh dunia. Dari minat yang luar biasa pasti akan muncul ekspektasi masyarakat terhadap prestasi sepakbola Indonesia. Itulah sebabnya dengan Inpres ini kita tata kembali pembinaan sepakbola kita, " tambahnya.

Baca juga : Nadiem Dengerin Keluhan Emak-emak

Ia melanjutkan, negara lain juga melakukan perubahan drastis dalam tata kelola sepekbolanya sehingga yang sebelumnya mereka di bawah Indonesia, sekarang malah di atas Indonesia.

"Dan ini yang harus kita segara benahi. Dengan adanya road map atau peta jalan yang sudah dihasilkan maka kita harus jalani. Tetapi harus konsisten, artinya semua pihak yang terkait di dalam Inpres itu harus mau bersama-sama, tidak bisa ini hanya menjadi pekerjaan Kemenpora RI atau Kemenko PMK atau PSSI saja," jelasnya.

Menurutnya dengan adanya pandemi kompetisi baik Liga 1 dan 2 tidak berjalan. Padahal dalam kompetisi itulah bisa meningkatkan jam bertanding buat para atlet dan mereka merasakan atmosfer pertandingan sesungguhnya. "Salah satu yang dikeluhkan oleh Pelatih timnas U-20 Shin Tae-yong tidak adanya kompetisi.

Baca juga : Daftar Nama Pengurus Baru Akan Diumumkan Di Munas

"Para pemain yang kita persiapkan sudah uji tanding di Kroasia tapi itu tidak cukup tetap butuh kompetisi, sebab uji coba di negara lain dengan kompetisi akan beda atmosfirnya. Kalau ditanya apa perlunya kompetisi untuk pembinaan prestasi, jawabannya sangat perlu, " ujarnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.