Dark/Light Mode

Menteri Yasonna Sahkan Kepengurusan PKS

Daftar Nama Pengurus Baru Akan Diumumkan Di Munas

Kamis, 19 November 2020 06:11 WIB
Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Al Habsy. (Foto/Ist)
Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Al Habsy. (Foto/Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transisi kepengurusan di tubuh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berjalan mulus. Setelah menggelar Musyawarah Majelis Syura PKS tanpa konflik, kepengurusan DPP PKS masa bakti 2020-2025 telah disahkan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, tanpa hambatan.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Al Habsy di kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Jakarta, kemarin.

Dia memimpin perwakilan PKS saat mengambil pengesahan dokumen kepengurusan di kantor Kemenkumham. Hal ini, terkait perubahan struktur DPP PKS, seusai Musyawarah Majelis Syura pada 2-5 Oktober 2020.

Baca juga : PKS Tolak Sirekap Pedoman Hitungan Suara

“Kami sampaikan terima kasih atas pelayanan yang diberikan Menteri Yasonna dan Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) beserta jajarannya. Pelayanan yang diberikan sangat profesional,” ujar Aboe Bakar.

Salah satunya, perubahan kepengurusan dari Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman ke Presiden PKS Ahmad Syaikhu beserta jajaran kepengurusan DPP PKS.

Pelaporan kepada Kemenkumham ini baginya sebagai penerapan prinsip good party governance PKS yang terus menaati peraturan perundangan.

Baca juga : Tak Semua Hadir, Ini Daftar Nama Penerima Bintang Mahaputera Di Istana

“Hari ini (kemarin) kami mengambil pengesahan dokumen dari Dirjen AHU Kemenkumham. Sebagaimana aturan dalam Undang Undang Parpol, ada kewajiban untuk mengajukan pengesahan perubahan pengurus dan pengesahan perubahan Anggaram Dasar Rumah Tangga (AD/ART),” katanya.

Diceritakan, proses administrasi di Kemenkumham begitu cepat. Padahal, PKS tidak hanya melaporkan pergantian kepengurusan, tapi juga melakukan perubahan AD/ART sesuai hasil rapat Majelis Syura di Bandung.

“Setelah berproses beberapa hari. Alhamdulillah hari ini semua telah diselesaikan,” sebutnya.

Baca juga : JK Saksikan Kerja Sama Pendirian Museum Nabi Muhammad SAW Di Indonesia

Anggota Komisi III DPR ini pun tanpa ragu mengapresiasi kinerja jajaran Menteri Yasonna. Sehingga PKS bisa menyelesaikan seluruh persyaratan yang ada dengan baik dan benar.

Dikatakan, setelah ini partainya akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) V PKS yang akan digelar akhir November 2020 di Bandung, Jawa Barat.

“Susunan lengkap pengurus DPP PKS akan diumumkan pada Munas V PKS. Arah gerak dan kebijakan strategis lima tahun ke depan juga akan dibahas dalam rangkaian Munas V PKS, yang akan digelar secara daring dan langsung, dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.