Dark/Light Mode

Piala Asia U-16 Batal Digelar, Bima Sakti Terima Keputusan AFC

Minggu, 17 Januari 2021 15:59 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. (Foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi membatalkan Piala AFC U-19 dan AFC U-16 2020. Kepastian ini usai AFC mengirimkan surat resmi kepada PSSI pada 15 Januari 2021 lalu.

Awalnya AFC merencanakan Piala AFC U-19 2020 dihelat bulan Maret 2021 di Uzbekistan. Sementara untuk Piala AFC U-16 2020 digelar di Bahrain pada April 2021.

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan bahwa ia menerima keputusan AFC ini. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih tinggi di hampir seluruh negara.

Berita Terkait : Piala Dunia U-20 Dibatalkan, Beckham Tetap Semangat

"Kami (tim) sudah melakukan persiapan selama satu tahun dengan dukungan luar biasa dari PSSI. Sayang Piala Dunia U-20 dan Piala AFC U-19 harus batal. Para pemain sudah menunjukkan perkembangan yang baik dan hasil yang maksimal," kata Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, sebelumnya FIFA juga membatalkan Piala Dunia FIFA U-20  2021 dan Piala Dunia FIFA U-17 2021. Dua event ini akan dijadwalkan FIFA pada tahun 2023 mendatang. Indonesia dan Peru tetap masih sebagai tuan rumah masing-masing ajang bergengsi tersebut.

Sementara itu pelatih timnas U-16, Bima Sakti mengatakan ia mengambil hikmah atas pembatalan ajang Piala Dunia U-17 dan AFC U-16 ini. Ia menyebut apa yang dilakukan pemain tidak sia-sia.

Baca Juga : Positivity Rate Cetak Rekor Lagi, Kasus Sembuh Nggak Mau Kalah

“Ini sudah menjadi keputusan FIFA dan AFC. Sejak setahun lebih, kami menjalani pemusatan latihan serta uji coba internasional, saya yakin ada manfaatnya dikemudian hari nanti. Tim ini punya prospek yang bagus dan masa depan yang cerah untuk timnas kelompok usia selanjutnya” kata Bima Sakti.

Sebelumnya Ketua Umum, Mochamad Iriawan mengatakan PSSI menghormati keputusan ini. "PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan generasi selanjutnya Timnas U-16 dan U-19," kata Iriawan.

Iriawan menambahkan pembatalan sejumlah ajang tersebut bukan akhir bagi pemain Timnas U-19 dan Timnas U-16. "Karena mereka bisa juga akan naik level ke kelompok umur selanjutnya. Untuk itu pemain harus selalu kerja keras, disiplin, dan selalu memberikan hasil yang maksimal," tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut. [WUR]