Dark/Light Mode

All England 2021

Pastikan Tarik Atlet Turki, BWF Minta Maaf Ke Tim Indonesia

Kamis, 18 Maret 2021 21:25 WIB
Tim bulu tangkis Indonesia saat mendarat di Birmingham, Inggris, Sabtu (13/3) siang. (Foto : PBSI)
Tim bulu tangkis Indonesia saat mendarat di Birmingham, Inggris, Sabtu (13/3) siang. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Federasi bulu tangkis internasional (BWF) akhirnya buka suara soal mundurnya tim Indonesia di ajang All England. BWF minta maaf kepada seluruh tim Indonesia dan juga menyatakan telah menarik keikutsertaan atlet bulu tangkis asal Turki, Neslihan Yigit dari All England.

"Kami merasakan frustrasi yang dirasakan oleh para pemain, juga pendukung tim Indonesia di seluruh dunia. Kami sangatlah bersimpati atas apa yang terjadi dan memohon maaf atas ketidaknyamanan terhadap tim Indonesia serta rombongannya, dan juga Yigit pemain dari Turki," dari laman resmi BWF, Kamis (18/3).

BWF menjelaskan telah berusaha agar Kevin Sanjaya Cs tetap bermain di ajang All England. Namun keputusan itu semata kewenangan Satgas Covid-19 Inggris alias National healt Service (NHS) Test and Teace. 

Baca juga : Mundur Dari All England 2021, Tim Indonesia Isolasi 10 Hari

Keputusan ini sesuai dengan syarat dan protokol kesehatan Covid-19 dari pemerintah Inggris yang berlaku di perundang-undangan nasional. Penerapannya terpisah dari pedoman yang ditetapkan BWF dan prosedur standar operasional Badminton England untuk All England.

"Kami menegaskan bahwa upaya keras telah dilakukan oleh Badminton England agar tim Indonesia dan pemain lainnya diberi pengecualian, dan mencari cara lainnya agar bisa tetap berpartisipasi dalam turnamen. Namun, pemerintah UK telah berketetapan, mengutamakan dan mementingkan untuk menjaga rakyat Inggris terhadap wabah COVID-19. Keputusan ini sudah final dan tidak dapat diganggu-gugat."

"Ini merupakan keadaan yang sangat disayangkan dan BWF serta Badminton England tidak berharap ini terjadi pada tim Indonesia maupun Yigit," kata BWF menjelaskan.

Baca juga : Ketum PP PBSI Agung Firman Lepas Keberangkatan Tim Garuda

Lewat laman resminya, BWF juga menjelaskan, Yigit juga diharuskan mundur dari All England karena berada dalam penerbangan yang sama dengan tim Indonesia dari Turki menuju Inggris pada 13 Maret 2021. 

Sebelumnya diberitakan, wakil Indonesia terpaksa mundur dari ajang All England 2021 karena sempat satu pesawat dengan penumpang yang positif Covid-19 dalam penerbangan dari Istanbul ke Birmingham pada Sabtu (13/3) lalu.

Sesuai dengan regulasi pemerintah Inggris, jika berada pada satu pesawat yang sama dengan orang yang positif Covid-19, maka diharuskan menjalani isolasi selama 10 hari.

Baca juga : Pilpres 2024, Prabowo Disarankan Lirik Tokoh Indonesia Timur

Akibatnya, tim Indonesia terpaksa mundur dan melakukan isolasi sampai tanggal 23 Maret 2021 di Crowne Plaza Birmingham City Centre, terhitung 10 hari sejak kedatangan tim ke Birmingham pada Sabtu (13/3) lalu. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.