Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Covid, Dua Pertiga Warga Sekitar Venue PON Papua Bakal Divaksin

Selasa, 11 Mei 2021 13:59 WIB
Menpora Zainudin Amali dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal (Foto ; Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal (Foto ; Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menyampaikan sebanyak dua pertiga masyarakat yang berada di area empat klaster pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akan divaksinasi. Ini bertujuan agar penyelenggaraan bisa berlangsung aman dari Covid-19.

Hal itu disampaikan Wagub Klemen usai diterima Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di ruang kerjanya lantai 10, Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (11/5).

 Vaksinasi ini bertujuan agar masyarakat bisa menyambut dan menyemarakkan pesta olahraga tersebut. “Dalam pandemi ini, kami sudah rapat dan instruksikan supaya semua klaster pertandingan PON, dua pertiga masyarakat dengan radius tempat terjadinya olahraga itu divaksinasi,” ujarnya.

Baca juga : Mayoritas Warga Jepang Pengen Olimpiade Dibatalin

“Kami juga minta semua yang terlibat membantu kami dengan alat-alat vaksin supaya kita bisa melakukan vaksin dua pertiga rakyat yang tinggal disitu agar sewaktu PON terjadi, mereka bisa sukacita ikut terlibat,” jelas Wagub Klemen.

Klemen Tinal juga menyampaikan terima kasih kepada Menpora Amali yang terus berkoordinasi untuk menyukseskan pelaksanaan PON XX. Dia bilang, masyarakat Papua sangat antusias menyambut event yang akan berlangsung pada Oktober mendatang.

“Kita bersyukur Papua menjadi tuan rumah PON. Masyarakat disana sudah antusias untuk menyambut dan menyukseskan. Kami menyampaikan supaya saudara-saudara dan teman-teman dari provinsi yang sudah siap ikut PON terus persiapkan diri,” ujarnya.

Baca juga : Cegah Covid-19, Candi Borobudur Ditutup Sementara Mulai Hari Ini

Wagub Klemen menegaskan Papua dalam kondisi aman terkait pelaksanaan PON. Venue, katanya sudah sangat siap untuk menyelenggarakan pertandingan.

“Kalau ada informasi katakanlah situasi seolah Papua tak aman, kami ingin menyampaikan Papua aman-aman saja yang berhubungan dengan PON. Tempat yang berlangsungnya aman. Kami welcome dan sambut dengan baik,” terangnya.

Seperti diketahui, lokasi pertandingan PON XX akan berlangsung di Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Kabupaten Merauke. “Kalau ada info situasi konflik atau keamanan itu sangat jauh tempatnya. Katakanlah Puncak Papua itu kalau naik pesawat dua jam dari Jayapura,” pungkas Wagub Klemen.

Baca juga : Senayan Peringatkan ASN Jangan Ambil Keuntungan

Sementara Menpora Zainudin Amali menyambut baik langkah tersebut. Dengan vaksin, Menpora Amali semakin optimis pelaksanaan PON nantinya akan berlangsung aman dan sukses.

“PON tidak ada masalah, sesuai jadwal. Bahkan upaya dari pemerintah provinsi untuk membuat masyarakat sekitar juga terlindungi dari pandemi. Ada kebijakan vaksin, jadi aman. Silakan datang. Kita sukseskan PON Papua,” kata Menpora Amali.

Terkait pelaksanaan vaksin ini, Menpora Amali sudah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. “Saya juga sudah mendapatkan komitmen dari Menteri Kesehatan, beliau juga menyampaikan sebelum pelaksanaan (PON) itu semua sudah vaksin,” tambahnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.