Dark/Light Mode

KPK Garap Kadiv Pendanaan Dan Investasi Jasindo

Rabu, 16 Juni 2021 14:00 WIB
Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka
Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala Divisi Pendanaan dan Investasi PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo, Andi Marwan Agustiono.

Andi akan digarap sebagai saksi dalam penyidikan kasus gratifikasi jasa konsultansi Bisnis Asuransi dan Reasuransi Oil dan Gas pada PT Jasindo pada 2008 sampai 2012.

Berita Terkait : Kasus Nurdin Abdullah, KPK Garap Ketua Fraksi PPP DPRD Maros Hasmin Badoa

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi Jl Kuningan Persada Kav.4, Setiabudi, Jakarta Selatan," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Rabu (16/6).

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan dua tersangka. Keduanya adalah pemilik PT Ayodya Multi Sarana (AMS) Kiagus Emil Fahmy Cornain (KEFC) dan mantan Direktur Keuangan dan Investasi PT Asuransi Jasa Indonesia (AJI) Solihah.

Berita Terkait : Kasus Suap Tanjungbalai, KPK Periksa Saksi Yang Dicegah Keluar Negeri

Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan, perkara ini merupakan pengembangan penyidikan dengan tersangka eks Dirut Jasindo, Budi Tjahjono, yang saat ini perkaranya telah berkekuatan hukum tetap.

KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan pada bulan Oktober 2020. Atas perbuatannya, kedua tersangka disangkakan melanggar Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang- Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. [OKT]