Dark/Light Mode

80 Persen Pasien Covid Isoman, NU Bekasi Buka Layanan Konsultasi Gratis

Jumat, 9 Juli 2021 13:09 WIB
Ilustrasi pasien Covid menjalani isolasi mandiri. (Foto : Ist)
Ilustrasi pasien Covid menjalani isolasi mandiri. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingginya kasus Covid-19 di Kota Bekasi menjadi perhatian Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Bekasi. Tercatat 80 persen masyarakat Kota Bekasi yang terinfeksi Covid menjalani isoman.

Untuk membantu pemerintah menanggulangi Covid, LKNU melalui Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 membuka layanan konsultasi kesehatan secara gratis kepada masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Ketua LKNU Kota Bekasi, Wildan Fathurrahman kepada NU Online Rabu (7/7) mengatakan layanan ini dibuka untuk umum dengan syarat berdomisili di Kota Bekasi, terkonfirmasi positif Covid-19 serta pasien bergejala ringan dan tanpa gejala.

Baca juga : Penting, Pasien Isoman Tak Boleh Kekurangan Cairan

"Pelayanan ini akan dibuka setiap hari selama 24 Jam, adapun untuk informasi pelayanan bisa menghubungi nomor 0813-11488638 atau 0822-4694-8966," kata Wildan, Jumat (9/7).

Wildan menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan dalam rangka merespons kondisi banyaknya warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.  Tidak sedikit yang meninggal saat isolasi, serta banyak warga masih bingung apa saja yang harus dilakukan saat isolasi mandiri.

Selain itu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 Kota Bekasi itu mengungkapkan program ini untuk membantu tenaga kesehatan yang kewalahan menangani pasien Covid-19 di rumah sakit.

Baca juga : Tekan Risiko Kematian Pasien Covid-19, WHO Rekomendasikan Obat Radang Sendi Actemra Dan Kevzara

"Masyarakat tidak lagi merasa kebingungan dan stress terhadap kondisi kesehatannya saat melakukan isolasi mandiri karena sudah ada akses konsultasi kesehatan yang mudah dan gratis," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bekasi Vevie Herawati mengatakan, pada 5 Juli lalu, jumlah warga Kota Bekasi yang terinfeksi Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri mencapai 3.738 orang.

Di hari yang sama, berdasarkan data laman corona.bekasikota.go.id, jumlah keseluruhan pasien Covid-19 di Kota Bekasi  adalah 4.676 orang. Artinya, sekitar 80 persen pasien Covid-19 di daerah itu sedang menjalani isolasi mandiri. [IPL]

Baca juga : Kontak Dengan Pasien Covid, Kate Middleton Isoman Di Istana Kensington

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.