Dark/Light Mode

Raih Medali Perunggu, Dubes Heri Puji Perjuangan Keras Saptoyogo

Sabtu, 28 Agustus 2021 08:49 WIB
Atlet para-atletik Indonesia Saptoyogo Purnomo berhasil meraih medali perunggu usai finis urutan ketiga di final nomor 100 meter putra T37. Foto KBRI Tokyo
Atlet para-atletik Indonesia Saptoyogo Purnomo berhasil meraih medali perunggu usai finis urutan ketiga di final nomor 100 meter putra T37. Foto KBRI Tokyo

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontingen Indonesia menambah perolehan medali dari cabang olah raga para atletik Paralimpiade Tokyo 2020. 

Saptoyogo Purnomo berhasil meraih medali perunggu usai finis urutan ketiga di final nomor 100 meter putra T37. 

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI), Heri Akhmadi mengapresiasi perjuangan keras dari Saptoyogo Purnomo yang berhasil menambah perolehan medali perunggu untuk tim Indonesia.

Baca juga : Mahfud MD Dengerin Wejangan Para Tokoh Senior

"Salut atas perjuangan keras Saptoyogo Purnomo. Saya yakin penambahan medali ini akan semakin memovitasi para-atlet kita”, ujar Dubes Heri saat menyaksikan langsung perlombaan yang berlangsung di Olympic Stadium, Tokyo Jumat (27/8). 

Saptoyogo Purnomo membukukan catatan waktu 11,31 detik. Sedangkan Nick Mayhugh (Amerika Serikat) meraih emas dengan catatan waktu 10,95 detik. Andrei Vdovin (Russian Olympic Committee/ROC) mendapatkan perak lewat catatan waktu 11,18 detik.

Dalam babak kualifikasi sebelumnya, Saptoyogo Purnomo berhasil menjadi yang terbaik di heat 1. 

Baca juga : HNW Minta Ormas Islam Lanjutkan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Ia mencatatkan, waktu 11,33 detik. Torehan tersebut, menjadi rekor pribadi terbarunya di lintasan sprint.

Saptoyogo Purnomo pernah meraih medali emas di Asian Para Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno 2018. Saat itu, ia menjadi atlet terbaik pada lari 100 meter T37 dengan catatan waktu 11,49 detik. 

Pada 2016 di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di Bandung, pemuda kelahiran 17 September 1998 ini meraih lima medali emas. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.