Dark/Light Mode

Motivasi Atlet Papua Jelang PON XX, Muhadjir Lari 2 Putaran Di Stadion Mandala

Jumat, 10 September 2021 14:09 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (bertopi putih) bersama para atlet kontingen Papua di Lapangan Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat pagi (10/9). (Foto: Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy (bertopi putih) bersama para atlet kontingen Papua di Lapangan Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat pagi (10/9). (Foto: Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX merupakan momentum sangat berharga bagi Papua. Sebagai tuan rumah, wilayah Indonesia paling timur itu bisa memanfaatkan gelaran akbar pesta olahraga nasional tersebut untuk mendulang sukses.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berpesan, ada tiga sukses yang harus dicapai Papua. Pertama, sukses penyelenggaraan PON XX. Kedua, sukses prestasi bagi para atlet Papua. Ketiga, sukses pembinaan atlet pasca-PON agar berprestasi internasional.

"Karena itu, tiga ini supaya dijadikan program jangka panjang Pemprov Papua. (PON XX Papua) ini harus dimanfaatkan betul, karena momentum ini belum tentu datang dalam 10 tahun," ujarnya, saat duduk bersama para atlet kontingen Papua di Lapangan Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat pagi (10/9).

Menteri yang hobi olahraga itu sebelumnya berjalan kaki sepanjang 2 kilometer dari tempatnya menginap menuju Stadion Mandala. Disambut para atlet bela diri pencak silat, tarung drajat, gulat, taekwondo, dan karate, lalu mereka berlari bersama mengelilingi lapangan stadion sebanyak dua putaran.

Walaupun masih diselimuti pandemi dengan segala keterbatasan, kata Muhadjir, pesta olahraga terbesar nasional itu adalah awal yang bagus untuk kembali bangkit usai dua tahun terhimpit Covid-19.

Muhadjir meyakini, melalui ajang PON XX, Papua akan mampu melahirkan atlet-atlet bertalenta yang nantinya akan menjadi atlet berprestasi internasional. Bukan hanya mengangkat derajat Papua di level nasional, tapi juga mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Wansi, atlet pencak silat Papua, menjadi salah satu yang ikut lari bersama Muhadjir. Dia mengaku sangat antusias dan semangat dalam menyambut gelaran PON XX Papua yang akan dihelat pada 2-15 Oktober mendatang. "Saya ingin menjadi juara dan mendapatkan emas untuk mengharumkan nama Papua," tuturnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.