Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PON XX Papua, Klemen Tinal Roller Sport Stadium Terbaik di Asia Tenggara

Jumat, 24 September 2021 11:48 WIB
Klemen Tinal Roller Sport Stadium. (Foto: Istimewa)
Klemen Tinal Roller Sport Stadium. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut Yonas, karena venue ini sudah ditetapkan sebagai yang terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara, bahkan menjadi yang terbaik kedua di Asia -yang pertama China- oleh Federasi sepatu roda dunia.

Pengprov Perserosi Papua lantas mengusulkan agar nama venue yang semula adalah Roller Sport Stadium Papua Bangkit dirubah menjadi ‘Klemen Tinal Roller Sport Stadium’.

“Kami sangat menghormati Mendiang Klemen Tinal. Pak Klemen adalah orang yang sangat besar jasanya untuk sepatu roda di Papua," ujar Yonas.

Perhatiannya kepada atlet di Papua dan bahkan atlet sepatu roda seluruh Indonesia sangat luar biasa. Karena itu, untuk menghormati dan mengenang jasa beliau, sangat layak kalau nama venue sepatu roda ini memakai nama beliau.

Baca juga : Ada Raphael Dan Ronaldo, Solskjaer Pede Setan Merah Bisa Juara

Karena masih dalam masa pandemi, Kementerian Kesehatan sudah menetapkan agar protokol Kesehatan harus tetap dijalankan selama gelaran PON XX Papua.

Menurut Yonas, kapasitas 650 untuk venue ini diharapkan akan terisi oleh siapa pun yang beruntung sudah mengklik pada link untuk menonton sepatu roda yang sudah disebar.

“Tiket memang tidak dijual karena in ikan murni non-komersial, tapi karena Papua ini digadang sebagai kota olahraga, kami tetap membuka kesempatan kepada warga sekitar untuk menonton, terpenting mereka sendiri sudah mendaftar, dan taat protokol kesehatan," ujar Yonas.

Pusat Latihan Sepatu Roda Saat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy melakukan kunjungan untuk meninjau sejumlah venue di Papua, dua pekan lalu, ia pun terkagum-kagum dengan venue akbar ini.

Baca juga : Prokesnya Ketat, Soetta Jadi Bandara Teraman Se-Asia Tenggara

Menko PMK mengatakan kalau venue sepatu roda ini sudah menjadi yang terbaik se Asia Tenggara dan kedua di Asia, setelah China, harusnya ini menjadi pemicu bagi para atlet sepatu roda.

Ia juga berharap usai PON nanti venue ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat pelatihan dan penempatan atlet-atlet sepatu roda dari seluruh Indonesia.

“Menyiapkan tempat ini kan tentu tak main-main. Jadi memang sebaiknya usai PON nanti bisa jadi pusat latihan dan pusat latihan para atlet sepatu roda di Indonesia. Yang terpenting lagi, bagaimana caranya para atlet harus mencetak prestasi lebih dan lebih lagi sesuai dengan tingkat venue yang sudah kelas internasional,” ujar Muhadjir.

Official Speaker Sepatu Roda PON XX Papua Detje Ahmad Nursyamsi yang juga pemilik Klub Sepatu Roda Balance di Bandung pun menyatakan rasa bangganya melihat mewahnya Klemen Tinal Roller Sport Stadium ini.

Baca juga : CBC Dukung BTN Jadi The Best Mortgage Bank Di Asia Tenggara

Mantan atlet sepatu roda di era 90-an ini mengatakan venue sepatu roda di Jayapura ini memang sangat membanggakan. Detje berharap venue keren ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh komunitas sepatu roda di Papua hingga seluruh Indonesia.

“History venue in ikan kita tahu bersama merupakan perjuangan almarhum Bapak Klemen Tinal. Jadi, sebaiknya kita jaga bersama dan manfaatkan sebaik-baiknya. Papua punya potensi mencetak atlet-atlet sepatu roda hebat dengan modal venue megah ini," ujar Detje. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.