Dark/Light Mode

Bertemu Okto Di Italia, IFSC Puji Popularitas Panjat Tebing Indonesia

Rabu, 3 November 2021 10:17 WIB
Presiden Federasi Sport Climbing Internasional (IFSC) Marco Scolaris (kanan) saat bertemu Raja Okto Saptahari di markas besar sport climbing di Turin, Italia, Selasa (2/11). (Foto: NOC Indonesia)
Presiden Federasi Sport Climbing Internasional (IFSC) Marco Scolaris (kanan) saat bertemu Raja Okto Saptahari di markas besar sport climbing di Turin, Italia, Selasa (2/11). (Foto: NOC Indonesia)

 Sebelumnya 
Indonesia juga akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia IFSC yang rencananya akan digelar di Bali pada 22-24 September 2022. Sebagai informasi, IFSC akan menggelar Piala Dunia sebanyak 13 seri pada 2022.

Okto menjelaskan Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah seri ke-12 dengan mempertandingkan nomor lead dan speed.

Baca juga : Bertemu Presiden Jokowi Di Italia, Okto Laporkan Progres Pembebasan Sanksi WADA

“Untuk panjat tebing ada tiga nomor, yaitu speed, lead, dan boulder. Pada Olimpiade 2024 Paris akan mempertandingkan dua kategori, yakni kombinasi (lead dan boulder) serta speed.

Indonesia unggul di nomor speed, tetapi kami tengah mencari cara bagaimana agar atlet-atlet kita juga bisa upgrade di nomor lead dan boulder.

Baca juga : Australia Dukung Kebijakan Energi Indonesia

"Kami diskusikan dengan IFSC. Scolaris mengapresiasi komunikasi intensif yang dibangun NOC Indonesia ke federasi-federasi internasional," ujar Okto.

IFCS juga memuji penampilan dua atlet muda Indonesia, yaitu Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin yang membukukan rekor dunia baru di Piala Dunia IFSC 2021 Salt Like City, AS, Mei 2021.

Baca juga : Airlangga: Australia Sudah Bolehkan Warganya Traveling Ke Indonesia

Atlet Indonesia memiliki peforma luar biasa pada 2021, yang di mana dua atlet nomor speed putra Indonesia membukukan rekor dunia dan sejumlah medali.

"Kami menantikan penampilan mereka di musim 2022, di mana salah satu seri Piala Dunia akan diadakan di negara eksotis Indonesia. Masa depan sport climbing di Indonesia sangat cerah,” ujar Scolaris. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.