BREAKING NEWS
 

KAI: Wajah Baru Stasiun Pondok Ranji Untuk Tingkatkan Pelayanan

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Kamis, 16 Juni 2022 18:49 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga kanan) didampingi Dirjen Perkeretaapian Zulfikri (kiri), Komisaris Utama KAI Said Aqil Siroj (kedua kiri), Walikota Tangsel Benyamin Davnie (kedua kanan), dan Direktur Utama PT Jaya Real Property Trisna Muliadi (kanan) saat peresmian peningkatan aksesibilitas dan Penataan Stasiun Pondok Ranji. (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat sudah dapat menikmati Stasiun Pondok Ranji yang kini memiliki wajah baru dan berbagai peningkatan fasilitas. 

Penataan ini merupakan kerja sama antara Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, KAI, dan PT Jaya Real Property dimana groundbreaking telah dilakukan pada 10 Agustus 2020 lalu. Melalui kolaborasi ini maka penataan Stasiun Pondok Ranji dapat dirampungkan.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui peningkatan layanan kereta api," kata Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, Kamis (16/6).

Baca juga : Bustanul Arifin: Korporasi Petani Kopi Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Petani Bandung

Untuk diketahui, peresmian wajah baru Stasiun Pondok Ranji dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (16/6). Hadir juga Komisaris Utama KAI Said Aqil Siroj dan Direktur Utama PT Jaya Real Property Trisna Muliadi.

Penataan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat, karena akses Stasiun Pondok Ranji yang sebelumnya hanya melalui Jl. WR Supratman kerap menjadi sebuah simpul kemacetan di pagi dan sore hari. Kini, Stasiun Pondok Ranji memiliki akses baru melalui kawasan Bintaro Creative Village yang lebih luas dan nyaman. 

Adsense

Dengan dibukanya akses tersebut, masyarakat dapat lebih cepat untuk mengakses Stasiun Pondok Ranji dari kawasan perumahan dimana sebelumnya masyarakat harus memutar lebih jauh terlebih dahulu. 

Baca juga : BKS Dan Erick Resmikan Wajah Baru Stasiun Pondok Ranji

Adapun lingkup penataan dan pembangunan akses Stasiun Pondok Ranji meliputi renovasi bangunan stasiun, penambahan gedung parkir, dan pembangunan akses baru Stasiun Pondok Ranji. Pada akses baru Stasiun Pondok Ranji telah tersedia fasilitas eskalator, lift, tangga musala, ruang laktasi, toilet difabel, loket, vending machine, area parkir, dan halte Bus Intrans.

"Akses baru Stasiun Pondok Ranji tersebut sudah mulai diujicobakan sejak 7 Juni 2022. Rata-rata sebanyak 370 pengguna KRL perhari yang sudah menggunakan akses baru tersebut. Pengguna KRL merasa sangat terbantu dengan adanya akses baru Stasiun Pondok Ranji tersebut,” kata Didiek. 

Sementara penataan pada bangunan lama Stasiun Pondok Ranji di antaranya berupa peremajaan gedung, penataan area komersial, penataan area parkir, dan penataan gate stasiun. Hal ini membuat pengguna KRL dapat menikmati hall stasiun yang lebih luas, area parkir mobil, motor, dan sepeda yang lebih rapi dan kapasitasnya bertambah, dan selasar pejalan kaki yang berkanopi.

Baca juga : KAI Gandeng Transjakarta Tingkatkan Pelayanan Ke Pelanggan

Penataan Stasiun Pondok Ranji juga dilakukan untuk menjadikan stasiun ramah bagi penyandang disabilitas. Berbagai fasilitas pendukung bagi penyandang disabilitas di antaranya yaitu toilet khusus difabel, lift prioritas bagi difabel, dan guide block bagi penyandang tuna netra.

"KAI akan terus memberikan pelayanan terbaik serta mengembangkan layanannya dalam rangka mengajak masyarakat untuk dapat beralih untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman dan nyaman," tutup Didiek.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense