BREAKING NEWS
 

Dukung Program TJSL

PLN UIP JBB Bantu UMKM Depok Hadirkan Camilan Inovatif

Reporter : IRMA YULIA
Editor : SRI NURGANINGSIH
Minggu, 26 Juni 2022 20:56 WIB
Foto: Dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) kembali memberikan dukungannya kepada UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

General Manager PLN UIP JBB Octavianus Padudung mengatakan, pihaknya memberikan bantuan kepada usaha kecil milik komunitas lokal masyarakat di Depok, Jawa Barat.

“Kami melihat sangat banyak UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang punya potensi besar untuk berkembang, salah satunya Kelompok Perempuan Sejati ini,” ujarnya, dalam keterangannya, Minggu (26/6).

Baca juga : Program TASPEN EMAS – TAPERA Siap Bantu ASN Miliki Rumah dan Tabungan Investasi Emas

Menurutnya, tidak semua pelaku usaha mendapat akses yang sama untuk pengembangan bisnisnya. "Sayangnya, banyak yang terkendala masalah pendanaan sehingga dari segi penjualan dan pemasaran tidak bisa dicapai secara optimal," ujar Octavianus.

Karena itu, melalui program TJSL dalam kategori pemberdayaan UKM, pihaknya melakukan pendampingan secara intensif untuk mencapai komunitas yang mandiri secara finansial.

“UKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia, yang jika dikelola secara optimal dapat menjadi sebuah brand yang mampu bersaing di pasar yang lebih besar,” harapnya.

Adsense

Baca juga : Dukung Program TJSL, Bank Mandiri Gelar Pelatihan Fasilitator Rumah BUMN

Di kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Perempuan Sejati, Nurhayati menyampaikan, pihaknya berupaya menghadirkan inovasi dalam mengolah bahan lokal menjadi produk kuliner favorit. Termasuk, Gedebok atau batang pisang yang tak lazim digunakan sebagai bahan makanan.

"Kami tercetus ide untuk mengolah bahan yang kerap dibuang karena dianggap kurang berguna, yaitu gedebok pisang agar menjadi camilan yang punya cita rasa khas," ungkapnya.

Ia mengaku, usahanya bersama delapan anggota kelompoknya tak selalu berjalan mulus. Terlebih, dalam hal produksi karena peralatan yang masih kurang memadai sehingga mengurangi kualitas produk.

Baca juga : Program TJSL Bantu Sesama Melalui Kegiatan Donor Darah

“Kami ingin produk kami punya kualitas yang baik dan konsisten, sehingga jumlah pelanggan bisa terus meningkat,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense