BREAKING NEWS
 

HUT Ke 56, Hasnur Group Komitmen Tekan Emisi Karbon

Reporter & Editor :
MUHAMAD FIKY
Jumat, 19 Agustus 2022 23:43 WIB
Direksi Hasnur Group mengelar diskusi membahas Komitmen Sustainability jelang perayakan ulang tahun ke 56 pada 27 Agustus 2022..

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Hasnur Group merayakan ulang tahun yang ke 56 pada 27 Agustus 2022.Perayaan HUT dengan tema 'Bersatu dan Tumbuh Lebih Cepat Kuat dan Berkah' ini telah berlangsung sejak awal Agustus dengan berbagai kegiatan yang berlangsung di seluruh tempat area bisnis Hasnur Group.

Ketua Panitia HUT Hasnur Group, Rudy D Siswantoro menyebut, rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun ini melibatkan seluruh komponen perusahaan dan juga publik. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) meskipun sudah terdapat pelonggaran kebijakan Covid-19.

"Mudah-mudahan di Ultah ini kami terus memperkuat silaturahmi dengan masyarakat secara tatap muka karena setelah dua tahun tidak bisa berkegiatan secara terbuka”imbuhnya.

Salah satu kegiatan yang cukup menarik dalam rangkaian kegiatan ulang tahun ini adalah kegiatan sharing session para direksi Hasnur Group. Bertempat di Office 8 Jakarta, mereka berdiskusi membahas Komitmen Sustainability dan tanggung jawab Hasnur Group dalam merespon isu komitmen global.

Menurut Presiden Direktur Hasnur Group, Jayanti Sari, perusahaan sangat merespon tuntutan global agar dapat menjaga kenaikan suhu bumi tidak melebihi 2 derajat celcius.

Baca juga : Partai Perindo Konsisten Jalankan Politik Kebangsaan

"Kami secara langsung mengerjakan bisnis-bisnis baru yang berorientasi green energy,”tambahnya.

Komitmen ini sejalan dengan kerangka kerja dan rencana aksi nasional untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 26% dan sebesar 41% pada tahun 2020. Komitmen Indonesia tersebut diperkuat melalui dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) Republik Indonesia yang pertama pada ovember 2016 dengan ditetapkannya target Unconditional sebesar 29% dan target Conditional sampai dengan 41% dibandingkan skenario business as usual (BAU) di tahun 2030.

Secara nasional, target penurunan emisi pada tahun 2030 berdasarkan NDC adalah sebesar 834 juta ton CO2e pada target unconditional (CM1) dan sebesar 1,081 juta ton CO2e pada target conditional (CM2).

Adsense

Sebagaimana diketahui,  bahwa Hasnur Group telah mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) melalui PT Bayang Nyalo Hidro (BMH) yang berkapasitas 2x3 MW di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Kerja sama ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk BUMN Waskita Karya dalam pelaksanaan proyek Bayang Nyalo.

Tak cukup sampai di sana, Hasnur Group, sebagai pemegang Hak Penguasaan Hutan (HPH), juga sudah mulai merubah orientasi bisnis dengan melakukan pengembangan konservasi hutan guna menyerap emisi karbon di Kalimantan Tengah dan Sulawesi Barat.

Baca juga : Syarief Hasan Soroti Lonjakan Inflasi Pangan

"Meskipun saat ini, bisnis Hasnur Group masih menjalankan bisnis pertambangan, namun visi Hasnur Group sudah mengarah kepada upaya mengatasi isu perubahan iklim," ujar  Andreas Budhi Prihanto Deputy Corp Director Busdev Hasnur Group.

Menurut Andreas yang juga merupakan salah satu Direktur di entitas Hasnur Group, selain menjalankan bisnis baru terbarukan, pengembangan bisnis lama yang lebih sustainable sudah menjadi konsen perusahaan. Salah satunya rencana pengembangan gasifikasi batubara menjadi ammonia.

"Seluruh proses pengembangan dan komitmen bisnis tersebut tentu membutuhkan tata kelola perusahaan yang mengedepankan prinsip keterbukaan,” tambahnya.

Menurut Novian Fitriawan, Direktur Keuangan PT Hasnur Internasional Shipping (HIS) Tbk, seluruh tantangan yang dihadapi sekarang harus sejalan dengan tata kelola perusahaan baik.

"Harus ada satu sinergisitas dalam pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Hasnur Group sebagai entitas bisnis telah menyiapkan prasyarat tersebut agar ke depan mampu memiliki daya saing dan dapat dipercaya oleh publik,”  tambahnya.

Baca juga : HUT Kemerdekaan Momentum Tingkatkan Pemahaman Nilai Kebangsaan

Acara puncak Ulang Tahun perusahaan akan terkonsentrasi di kantor Banjarbaru Kalimantan Selatan, pada 27 Agustus 2022. Rangkaian penutupan program ulangtahun di antaranya bakti sosial dan donor darah, pameran UKMK, diakhiri dengan acara syukuran dan pengajian.

Kegiatan hari puncak melibatkan ulama, habaib serta melibatkan stakeholder di Kalimantan Selatan, yang memang sudah menjadi tradisi Hasnur Group. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense