BREAKING NEWS
 

Bisa Jadi Daya Tarik Maskapai Kembali Beroperasi

Revitalisasi Bandara Halim Harus All Out

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 18 September 2022 07:30 WIB
Sejumlah petugas melintas di Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Kamis (1/9/2022). Bandara Halim Perdanakusuma telah selesai direvitalisasi dan kembali melayani penerbangan komersil mulai 1 September 2022. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU).

 Sebelumnya 
BKS-sapaan Budi Karya Sumadi, meninjau hasil revitalisasi yang telah dilakukan di bandara tersebut, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istianto, Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto dan President Director PT Angkasa Pura II (Persero) AP II Muhammad Awaluddin.

BKS memberi masukan terkait alur penumpang di terminal, agar kelancaran terus terjaga. Khususnya saat penumpang pesawat memasuki pintu masuk terminal untuk menuju area check-in.

BKS juga meminta agar seluruh fasilitas siap dan sejalan dengan dibukanya kembali bandara untuk komersial, setelah sempat ditutup beberapa waktu untuk revitalisasi. Revitalisasi oleh Kemenhub dilakukan di sisi darat (land side) dan sisi udara (air side).

Baca juga : HNW Desak Kemenag Percepat Realisasi Penyaluran Dana Abadi Pesantren

“Kami lakukan revitalisasi runway yang tadinya ada masalah karena umur. Saat ini sudah terselesaikan. Dengan panjang runway 3 ribu meter, semua jenis pesawat hingga Boeing 747 dan 777 bisa mendarat ke Halim,” terang BKS dalam keterangan resminya, Senin (12/9).

Sejalan dengan tuntasnya revitalisasi, pelayanan di Bandara Halim Perdanakusuma kepada penumpang pesawat mengalami peningkatan.

Adsense

Awaluddin menimpali, revitalisasi menghadirkan fasilitas-fasilitas baru di air side dan land side yang berdampak positif terhadap pelayanan dan operasional penerbangan.

Baca juga : Swasta Dan Nirlaba Dukung Kemendikbudristek Revitalisasi UKS Melalui Sekolah Sehat

Evaluasi AP II selaku operator bandara, setelah 10 hari dibuka untuk penerbangan komersial yakni 1-10 September, menyimpulkan bahwa revitalisasi yang dilakukan Kemenhub di sisi darat dan sisi udara meningkatkan standar layanan dan operasional penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma.

Awaluddin mengatakan, alur penumpang atau passenger flow saat di bandara jauh lebih baik karena adanya penambahan fasilitas. Contohnya di area kedatangan.

Setelah revitalisasi, area kedatangan penumpang memiliki luas sekitar 1.200 meter persegi. Atau lebih luas sekitar 30 persen dibandingkan sebelum dilakukan revitalisasi. Perluasan area diikuti penambahan conveyor belt, dari sebelumnya dua menjadi tiga unit.

Baca juga : Sosialisasiin Yang Masif Dulu Deh

Penambahan fasilitas conveyor belt ini, menurut Awaluddin, berdampak pada peningkatan pelayanan. Misalnya, penumpang dapat semakin cepat mengambil bagasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense