BREAKING NEWS
 

Erick: BBM Nggak Naik Untuk Jaga Stabilitas

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : SISWANTO
Senin, 5 Februari 2024 07:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Twitter/Erick Thohir)

 Sebelumnya 
Sarmuji juga menilai bahwa kebijakan tersebut tidak akan memberikan dampak negatif pada posisi keuangan perusahaan selama stok BBM diperoleh dengan harga yang masih konsisten tanpa adanya kenaikan. Dengan demikian, kebijakan tersebut dapat meminimalkan potensi kerugian laba bagi Pertamina.

“Kalau masih sesuai dengan harga beli nggak ada masalah dan tidak akan berpengaruh terhadap rugi laba Pertamina,” kata Sarmuji.

Senada itu, anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan, Pertamina sebagai salah satu BUMN yang menjadi kebanggaan Indonesia, memiliki tanggung jawab sosial untuk mempertimbangkan kondisi masyarakat.

Baca juga : Dalam Negeri 99 Persen, Luar Negeri 100 Persen

Terlebih, dalam kondisi ekonomi global dan tantangan seperti fenomena alam El Nino serta gagal panen sehingga keputusan Pertamina untuk menunda kenaikan harga BBM, menurutnya hal yang tepat.

“Pak Presiden Jokowi melalui Pemerintah juga mengguyurkan bansos. Menurut saya tentu tidak ada salahnya Pertamina menahan dulu rencana kenaikan BBM demi untuk meringankan beban masyarakat,” puji politisi Partai Gerindra ini.

Andre menuturkan, BUMN selain memiliki tanggung jawab untuk mencapai keuntungan dan memberikan deviden, juga memiliki peran yang signifikan dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Kejagung Tancap Gas Usut Dana Hibah KONI

“Tidak ada salahnya, karena Pertamina ini BUMN. BUMN itu bukan hanya cari untung, bukan hanya setor deviden, tapi BUMN itu fungsinya juga untuk melayani masyarakat, membantu masyarakat. Itu yang dilaksanakan Pertamina saat ini,” pungkasnya.

Apresiasi juga disampaikan kalangan akademisi. Pengamat Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi menilai keputusan pemerintah yang tidak menaikkan harga seluruh jenis BBM umum atau nonsubsidi, dan BBM subsidi sudah tepat. “Kenaikan harga subsidi itu akan memberikan dampak ekonomi yakni menyulut inflasi, menekan daya beli itu memang kurang tepat,” ulasnya.

Fahmy menyampaikan, keputusan tidak naiknya harga BBM, terutama untuk jenis nonsubsidi tidak akan membebani keuangan negara. Pasalnya, Pemerintah kini tidak lagi memberikan kompensasi kepada Pertamina saat menetapkan harga BBM nonsubsidi di bawah harga pasar.

Baca juga : Pengaduan Terbanyak Keluhkan Jalan Rusak

“Setelah diputuskan bahwa itu merupakan strategi Pertamina maka beban itu akan berkurang karena negara tidak perlu lagi memberikan kompensasi,” kata Fahmy.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 5 Februari 2024 dengan judul Erick: BBM Nggak Naik Untuk Jaga Stabilitas

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense