BREAKING NEWS
 

Kereta Api Iringi Perjuangan Bangsa Indonesia

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 13 Agustus 2020 11:38 WIB

 Sebelumnya 
Salah satu bukti KA masih memegang peranan penting dalam era mempertahankan kemerdekaan adalah peristiwa Ibukota RI pindah ke Yogyakarta.

Hal ini merupakan muara dari kondisi sejak September 1945, di mana banyak pemuda Indonesia yang menyatakan diri siap mati untuk kemerdekaan 100 persen karena tidak sabar melihat orang-orang Belanda kembali ke Indonesia.

Baca juga : Berat, Tapi Alex Siap Pikul Beban Honda di GP Austria

Pemerintahan baru yang belum kuat, kepolisian negara yang belum stabil, sedangkan ormas-ormas bersenjata semakin banyak membuat kemanan Jakarta semakin tidak menentu.

Jepang sendiri mulai menarik diri untuk menghindari konfrontasi terbuka. Sedangkan tentara Inggris yang diberi amanat mempertahankan status quo Jakarta, justru semakin tidak disukai masyarakat.

Baca juga : Duh, Seorang Pemain Barca Kepatil Corona

Oleh karena hampir tiap hari terjadi provokasi, tepat pada 1 Januari 1946, pimpinan KA di Jakarta diperintah secara langsung dan rahasia oleh Bung Karno. Agar menyiapkan suatu rangakaian KA khusus untuk membawa Presiden, Wakil Presiden, Menteri Kabinet, dan pejabat tinggi lainnya pindah dari Jakarta ke Yogyakarta.

Adsense

Balai Yasa Manggarai bertugas mempersiapkan KA khusus tersebut dalam waktu secepatnya. Setelah dilakukan penelitian, diputuskan menggunakan kereta api khusus inspeksi.

Baca juga : Kantongi Dukungan Dari PAN, Gibran Ngerasa Makin Jos

Rangkaian kereta tersebut tidak pernah digunakan lagi sejak 1942, namun kondisinya masih laik jalan. Perawatan dan perbaikan kereta dikerjakan selama 24 jam dengan sistem shift.

Selama persiapan, penjagaan di Balai Yasa Manggarai lebih diperketat. Rangkaian kereta selesai pada 2 Januari 1946. Pukul lima sore diadakan acara serah terima KLB dari Kepala Bengkel kepada Pejabat Eksploitasi Barat DKARI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense