BREAKING NEWS
 

Di Balik Nyamannya Perjalanan Kereta Api, Ada Petugas Berdedikasi

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 22 Oktober 2020 16:36 WIB

 Sebelumnya 
Sebelum kereta berangkat, kondektur harus memastikan kru kereta api yang bertugas bersamanya dalam perjalanan kereta api hari itu sudah siap.

Ia lalu memimpin doa bersama agar perjalanan kereta api aman dan lancar.

Lima menit sebelum berangkat, kondektur harus memperkenalkan diri kepada pelanggan kereta api melalui pengeras suara dan menginformasikan bahwa kereta api akan diberangkatkan.

Baca juga : Siapa Pun Pelanggar Protokol Kesehatan, Harus Dipublikasikan

Selama perjalanan KA, kondektur yang sedang berdinas harus berkeliling di tiap rangkaian. Minimal 30 menit sekali, untuk memastikan penumpang menerima pelayanan sesuai standar.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan pelanggan telah duduk sesuai manifest. Ia juga memastikan pelanggan tidak melakukan kegiatan yang dilarang, atau mengganggu penumpang lainnya.

Adsense

Kondektur kereta api harus memastikan fungsi-fungsi pendukung layanan penumpang dapat digunakan dengan baik.

Baca juga : Banyak Sentimen Negatif, Rupiah Bergerak Terbatas

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang kondektur harus bersikap ramah kepada pelanggan. Ia harus mampu berinteraksi dengan pelanggan termasuk untuk menerima masukan maupun keluhan.

Kondektur berwenang menyelesaikan keluhan pelanggan saat dalam perjalanan kereta api.

Keluhan lain di luar kewenangannya akan disampaikan ke Pusat Pengendali Pelayanan (Pusdalyan) untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh unit terkait di KAI.

Baca juga : Ada Laporan, MKD Bertindak

Di stasiun pemberhentian kereta api, kondektur harus memastikan pembagian petugas penjaga pintu, dan mematangkan persiapan untuk pelanggan kereta api.

Ia juga bertugas memberikan pengumuman nama stasiun pemberhentian, arah pintu keluar dan keterangan singkat situasi stasiun, dan peringatan agar pelanggan kereta api memeriksa barang bawaan.

Sebelum kereta api melanjutkan perjalanan, kondektur harus memastikan naik-turun penumpang dan barang bawaan serta kegiatan, terkait operasional kereta telah selesai dilakukan . Agar tidak membahayakan perjalanan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense