BREAKING NEWS
 

HUT ke-63, Ini 10 Bakti Pertamina Untuk Negeri

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 10 Desember 2020 10:51 WIB

 Sebelumnya 
Saat ini, Pertamina melakukan distribusi energi melalui lebih dari 7.000 SPBU dan 188 ribu pangkalan LPG. Untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kemandirian desa, sebanyak 2.192 unit Pertashop telah beroperasi.

Dalam rangka memperkuat layanan, sebanyak 5.518 SPBU telah terdigitalisasi dan lebih dari 6 juta pengguna MyPertamina serta 5.930 kecamatan,  terjangkau layanan Pertamina Delivery Service yang dilayani melalui Pertamina Call Center 135, yang telah mendapat pengakuan dunia.

6. Mengembangkan Potensi Nasional untuk Kedaulatan Energi Nasional

Baca juga : Dian Sastro Happy Pandemi Tak Batasi Sineas Untuk Berkarya

Pertamina mengoptimalkan sumber daya alam lokal yang besar dan mendorong kemakmuran masyarakat sekitar. Pertamina telah sukses memproduksi 1.000 barel/hari Green Diesel (D100) di Kilang Dumai, dan berhasil melakukan uji coba Green Gasoline di Plaju dan Cilacap.

Selain itu, ada 14 wilayah kerja geothermal dengan kapasitas terpasang 672 MW own operation dan 1.205 MW joint operation contract (JOC).

Portofolio energi bersih Pertamina lainnya antara lain proyek pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg), yang berasal dari pengolahan limbah kelapa sawit dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di area kilang dan SPBU Pertamina.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Energi Nasional, Pertamina EP Genjot Pengeboran Di 2021

Kemudian, Pertamina juga ikut mengupayakan coal gasification menjadi DME, sebagai substitusi LPG untuk mengurangi impor dan rencana mengembangkan Industri Baterai untuk Electric Vehicles (EV) bersama konsorsium BUMN.

7Pertamina Memberikan Kontribusi Terbaik untuk Negara

Pertamina terus berkontribusi nyata memperkuat APBN untuk pembangunan Indonesia, meski tantangan pandemi menekan kinerja keuangan. Per Oktober 2020, Pertamina menyetor Rp104 triliun ke negara dalam bentuk pajak, dividen dan PNBP. Pertamina juga optimis akhir 2020 akan menghasilkan laba bersih sekitar 800 juta dolar AS dan laba setelah bunga, pajak, penyusutan, dan amortisasi (EBITDA )sekitar 7 miliar dolar AS.

Baca juga : Jelang HUT Ke-63, Pertamina Gelar Aksi Kemanusiaan di 105 Yayasan

Di sisi lain, tiga lembaga pemeringkat internasional kembali menetapkan Pertamina pada peringkat investment grade yakni "Baa2" dari Moody’s serta "BBB" dari Fitch dan S&P.

8. Meningkatkan Transparansi dan Menjunjung Tinggi Tata Kelola

Pertamina berupaya meningkatkan keterbukaan informasi kepada masyarakat, dan memastikan pengelolaan perusahaan dijalankan secara profesional. Sejumlah upaya telah dilakukan Pertamina, terkait hal itu. Antara lain memberikan akses beragam informasi melalui website Pertamina,  termasuk e-PPID dan menerapkan Pertamina Clean yakni No Bribery, No Kickback, No Gift, dan No Luxurious.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense