Dark/Light Mode

Pertamina Tambah Bantuan Untuk Pengungsi Gunung Merapi

Selasa, 10 November 2020 20:19 WIB
Pertamina Tambah Bantuan Untuk Pengungsi Gunung Merapi

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah menyerahkan bantuan 50 tabung BrightGas untuk kebutuhan logistik dapur umum bagi pengungsi Gunung Merapi, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Regional (MOR) Jawa Bagian Tengah (JBT) kembali menyalurkan bantuan kebutuhan masyarakat di Barak Pengungsian Desa Glagaharjo Cangkringan, Sleman, Senin ( 9/11).

Total bantuan baru yang diserahkan berupa 1,7 ton beras, 350 Liter minyak goreng, 350 kg gula pasir, 70 krat telur, 700 kaleng makanan siap saji berupa sarden, dan kebutuhan lainnya.

Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR JBT, Marthia Mulia Asri mengatakan, bantuan tersebut diserahkan secara bertahap setiap harinya, dan disebar ke beberapa titik yang menjadi posko pengungsian.

Baca juga : Sandi Dorong Pemerintah Manfaatkan GSP AS Untuk Kerek Perdagangan

“Kami menyebar bantuan logistik langsung ke lima posko pengungsian yaitu Glagaharjo, Sleman ; Tegalmulyo, Klaten ; Banyurejo, Magelang ; Umbulharjo, Sleman dan Kepuharjo Sleman. Kami bekerja sama dengan tim ACT (Aksi Cepat Tanggap) DIY untuk distribusi bantuannya,” kata Martha.

Berdasarkan informasi yang diterima di lapangan, setidaknya ada 1.050 jiwa yang mengungsi di lokasi tersebut dan menerima bantuan.

Tidak hanya berupa makanan, Marthia menjelaskan dirinya juga menyiapkan perangkat kesehatan seperti hand sanitizer dan masker di lokasi pengungsian.

Baca juga : Saksi Beberkan Rekeningnya Dipakai Menantu Nurhadi Untuk Tampung Duit

“Saat ini, fokus evakuasi adalah kepada lansia, anak-anak dan wanita. Terlebih di masa pandemi saat ini. Untuk itu, butuh perlakuan khusus agar bisa menjaga penyebaran Covid-19 tidak terjadi di lokasi pengungsian,” ujar Marthia.

Di samping menjalankan tugas utamanya sebagai penyedia energi, Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), akan terus bersama pemerintah menyalurkan bantuan kepada masyarakat rentan. Serta tanggap membantu terhadap situasi bencana.

“Untuk itu, beberapa bantuan telah kami berikan sejak awal untuk mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi dari erupsi Gunung Merapi, sambil memantau perkembangan status Siaga Gunung Merapi,” tutup Marthia.

Baca juga : Sunaryanta Targetkan 165 Ribu Suara Di GunungKidul

Pertamina juga kembali menekankan bahwa proses penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan LPG tidak akan terkendala dan sudah diantisipasi.

Apabila ada masyarakat yang mengalami kesulitan untuk memperoleh layanan dan produk dari Pertamina, dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau melalui aplikasi MyPertamina maupun website www.pertamina.com. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.