BREAKING NEWS
 

Saratoga Bantu Pemerintah Cetak SDM Unggul Sektor Kelistrikan

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : FAQIH MUBAROK
Kamis, 29 Juli 2021 14:45 WIB
PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (Saratoga) menggelar Kompetensi Keahlian Teknik Pembangkit Listrik bersama Sekolah Menengah Kejuruan ORA et LABORA (SMK OeL). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (Saratoga) membantu pemerintah untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan berkontribusi aktif dalam pembangunan nasional.

Salah satunya diwujudkan dengan memberikan dukungan Sekolah Menengah Kejuruan ORA et LABORA (SMK OeL) menggelar Kompetensi Keahlian Teknik Pembangkit Listrik, untuk menyiapkan tenaga terampil dan siap kerja.

Direktur Keuangan Saratoga Lany D. Wong menjelaskan, angkatan pertama SMK OeL yang telah menjalani pelepasan kelulusan akan menjalankan program kerja di beberapa perusahaan ternama di Indonesia.

"Bagi Saratoga, investasi di bidang pendidikan akan menciptakan masyarakat berkualitas," katanya dalam keterangan resminya, Kamis (29/7).

Baca juga : Tangani Pandemi, PBNU Dukung Pemerintah Dahulukan Keselamatan Jiwa

Lany menuturkan, sejak SMK ORA et LABORA didirikan pada tahun 2017, perusahaan berperan aktif menciptakan kurikulum serta memantau proses belajar mengajar di sekolah. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa program yang dijalankan dan lulusan SMK OeL sesuai kebutuhan sektor kelistrikan.

Menurutnya, langkah konkret tersebut merupakan bagian pilar tanggung jawab sosial Saratoga yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (human capital development).

Adsense

"Program pembelajaran 3 tahun ditambah 1 tahun praktik kerja, mampu membekali siswa-siswi dengan kompetensi yang dibutuhkan industri. Terbukti lulusan sekolah ini telah diterima di perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi baik di sektor energi maupun non-energi," tuturnya.

Lulusan SMK ORA et LABORA selanjutnya akan bekerja di perusahaan PT Shandong Licun Power Plant Technology dan memiliki potensi besar bekerja di PT GPOS Daya Energi (O&M sebuah Pembangkit Listrik di Gorontalo), Primaya Hospital, PT Tanjung Power Indonesia, dan PT Astra Daihatsu Motor.

Baca juga : Agar PPKM Sukses, Puan Minta Pemerintah Bangun Kepercayaan Masyarakat

Untuk memastikan bahwa lulusan SMK memiliki keahlian yang andal, SMK ORA et LABORA juga bekerja sama dengan Swiss German University (SGU). Sementara untuk pelatihan teknis kelistrikan, menggandeng Central Industrial Technology Enterprise (CITE), lembaga berbasis industri dan berorientasi sosial yang teruji di dunia.

Ketua Yayasan Ora et Labora Sandi Rahaju menjelaskan, kehadiran SMK OeL ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan terhadap pemerintah dalam meningkatkan sekolah vokasi yang berorientasi penerapan ilmu, sehingga lulusannya terampil dalam bekerja.

"SMK OeL yang merupakan vokasional teknik ingin menekankan pembelajaran yang terstruktur dan keahlian yang lebih driven atau terarah. Apalagi kelistrikan adalah sektor yang tahan krisis," katanya.

Deputi IV Kemko Perekonomian Rudy Salahuddin bangga melihat siswa-siswi SMK OeL yang berhasil lulus walaupun dalam situasi pandemi yang belum berakhir. Menurutnya, dengan keterbatasan di masa pandemi pembelajaran tetap dapat berjalan dengan baik. Pembelajaran inovatif dan literasi digital akan menjadi sebuah keharusan dalam tiap jenjang pendidikan utamanya dalam pendidikan dan pelatihan vokasi.

Baca juga : Ponpes Dan Gereja Di Jabar Siap Jadi Sentra Vaksinasi

Direktur PT Sandong Licun Power Plant Junus Widjaja memastikan kerjasama strategis yang dilakukan antara perusahaan dengan Saratoga dan SMK OeL ini diharapkan dapat dilakukan secara jangka panjang. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense