Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Agar PPKM Sukses, Puan Minta Pemerintah Bangun Kepercayaan Masyarakat

Selasa, 27 Juli 2021 13:21 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Dok. DPR)
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani meminta Pemerintah membangun kepercayaan masyarakat dalam proses pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Kepercayaan ini penting agar penyesuaian terkait PPKM mendapat dukungan dari masyarakat.

Bangun kepercayaan masyarakat mulai dari prosesnya, sampai masyarakat akhirnya merasakan langsung dampak positif dari kebijakan tersebut," kata Ketua DPP PDIP ini, di Jakarta, Selasa (27/8).

Baca juga : Ingrid Kansil Minta Pemerintah Perbaiki Data Bansos

Putri bungsu Megawati Soekarnoputri ini melihat ada potensi penurunan masyarakat seiring dengan sering berubahnya kebijakan Pemerintah. Puan menegaskan, potensi penurunan kepercayaan tersebut harus dicegah bukan hanya dengan hasil akhir kebijakan yang harus baik, tetapi juga melalui proses yang bisa dipercaya masyarakat.

Manta Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini mencontohkan upaya membangun kepercayaan masyarakat, seperti dalam kebijakan PPKM Level 4 yang disesuaikan tidak dicederai dengan hal-hal yang kontraproduktif dalam prosesnya. Misalnya penurunan jumlah pemeriksaan atau testing pada saat-saat krusial seperti saat ini.

Baca juga : Syarief Hasan: Ini Bukti Pemerintah Dengarkan Suara Rakyat

“Kalau jumlah kasus harian turun tetapi jumlah testing turun, masyarakat mungkin akan bilang, ah kasus turun karena testing-nya diturunkan. Pandangan-pandangan seperti ini sebisa mungkin diantisipasi pemerintah agar tidak menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam menangani pandemi," ujarnya.

Puan juga berpesan, jumlah pemeriksaan bukan hanya harus ditingkatkan secara nasional, tetapi perlu dipantau per daerah. "Target testing harus lebih besar untuk daerah level 4 dan zona merah," katanya.

Baca juga : Ini Pesan Maman Abdurahman Kepada Macan Kemayoran Muda

Dia menambahkan, pemantauan atau monitoring data jumlah pemeriksaan per daerah sangat penting sebagai dasar pengambilan kebijakan "buka-tutup" per daerah ke depannya. Jika jumlah pemeriksaan kurang dan banyak jumlah kasus yang tidak terungkap, dikhawatirkan bisa menjadi bom waktu kemudian hari. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.