BREAKING NEWS
 

PELNI Kembali Operasikan Dua Kapal Rute Karimunjawa

Reporter & Editor :
ESTI FITRIA WULANDARI
Jumat, 29 Oktober 2021 20:05 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah nyaris vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19, kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) siap berlayar kembali ke Karimunjawa, Jawa Tengah. Hadir dengan mengedepankan pelayaran yang aman dan nyaman sesuai protokol kesehatan, KM Lawit akan melayari rute Semarang - Karimunjawa - Semarang pada Jumat (29/10) ini.

Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT PELNI Sukendra menyampaikan bahwa PELNI telah mempersiapkan dua armadanya untuk melayani rute Karimunjawa, yaitu KM Lawit dan KM Kelimutu. "Untuk KM Kelimutu direncanakan akan melayani rute Karimunjawa pada minggu ketiga November mendatang," terang Sukendra dalam keterangan resminya, Jumat (29/10).

Sukendra menambahkan untuk keberangkatan dengan KM Lawit dengan rute Semarang - Karimunjawa - Semarang akan dilayani pada Jumat (29/10) pukul 23.59 WIB, Jumat (12/11) keberangkatan pukul 23.00 WIB, dan Jumat (26/11) keberangkatan pukul 23.00.

Baca juga : Periksa Istri, KPK Gali Penghasilan Anak Alex Noerdin

Berlayarnya kembali kapal PELNI menuju Karimunjawa ini juga sebagai tindak lanjut atas audiensi yang dilakukan antara Kementerian Perhubungan, PELNI, Bupati Jepara dan dinas terkait lainnya pada beberapa pekan lalu.

"Sejak hadir pada tahun 2016, jumlah penumpang kapal PELNI yang akan berwisata menuju Karimunjawa terus tumbuh setiap tahunnya. Dengan beroperasinya kembali dua kapal PELNI ini diharapkan dapat menumbuhkan lagi sektor perekonomian dan pariwisata di Kepulauan Karimunjawa," tambahnya.

Adsense

Data perusahaan menunjukkan jumlah penumpang kapal PELNI menuju Karimunjawa tercatat sebesar 6.187 pelanggan pada tahun 2016. Jumlah penumpang sempat mengalami penurunan sebesar 3,4% di tahun 2017 menjadi 5.974 pelanggan dan kembali tumbuh di tahun 2018 dengan jumlah penumpang mencapai 7.726 pelanggan.

Baca juga : Transjakarta Kembali Operasikan 4 Rutenya

Selanjutnya, pada 2019 jumlah penumpang telah menyentuh angka hingga 10.717 pelanggan. "Jumlah penumpang menuju Karimunjawa mengalami penurunan di tahun 2020 sejumlah 1.145 pelanggan akibat pandemi Covid-19 yang membuat pemerintah daerah menyesuaikan diri dalam menerapkan kebijakan di Kepulauan Karimunjawa," jelas Sukendra.

KM Lawit dan KM Kelimutu merupakan kapal penumpang PELNI dengan kapasitas sebesar 1.000 pax. KM Lawit melayani rute Tg. Priok - Pontianak - Semarang - Kumai - Semarang - Karimunjawa - Semarang - Pontianak - Tg. Priok. Sedangkan KM Kelimutu memiliki rute pelayaran Surabaya - Kumai - Surabaya - Sampit - Semarang - Kumai - Semarang - Karimunjawa - Semarang - Sampit - Surabaya.

Lebih lanjut, Sukendra juga menjelaskan kepada seluruh pelanggan kapal PELNI untuk informasi lebih lanjut terkait hal tersebut dapat diperoleh melalui website resmi perusahaan www.pelni.co.id dan sosial media @Pelni162. "Kami juga memiliki call center 162 dan layanan melalui WhatssApp di nomor 0811-162-1-162 selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan informasi seluruh pelanggan kapal PELNI," tutup Sukendra.

Baca juga : Top! Tjiwi Kimia Kembali Sabet Penghargaan Primaniyarta Ke-7 Kalinya

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 10 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense