BREAKING NEWS
 

Mau Pajaki Pemilik Jet Pribadi

Sri Mul Banjir Dukungan

Reporter : IRMA YULIA
Editor : UJANG SUNDA
Rabu, 15 Desember 2021 08:59 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Instagram/smindrawati)

 Sebelumnya 
Dia lalu berterima kasih kepada seluruh pembayar pajak yang selama ini sudah patuh dan terus melakukan kewajibannya dalam situasi Covid-19 yang sangat berat. "Pemerintah mencoba terus memperhatikan kebutuhan Bapak dan Ibu sekalian. Ayo kita sama-sama memulihkan ekonomi Indonesia. Karena setiap uang pajak akan kembali lagi ke masyarakat dan ke dunia usaha,” sambungnya.

Pihak pengusaha tidak keberatan dengan langkah Sri Mul mau memajaki fasilitas mewah. Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anggawira mengatakan, pengenaan pajak itu sebagai upaya objek pajak taat hukum. Termasuk dalam hal ini para CEO ataupun pengusaha yang memiliki fasilitas jet pribadi.

"Ya nggak apa-apa kalau barang-barang mewah termasuk jet pribadi ini mau dipajakin. Sah-sah saja. Tapi jumlah besaran dan mekanismenya seperti apa harus diperinci secara detail," katanya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Survei IPR, Elektabilitas Prabowo Sulit Dikejar

Direktur Eksekutif Pratama-Kreston Tax Research Institute (TRI) Prianto Budi Saptono juga setuju dengan rencana Sri Mul ini. Menurutnya, pengenaan pajak natura saat ini adalah momentum yang tepat.

"Karena apa? Pemerintah masih berharap ada peningkatan penerimaan PPh untuk APBN di 2022 dan tahun-tahun selanjutnya dari sektor ini," jelas Prianto, saat dihubungi Rakyat Merdeka, tadi malam.

Selain itu, kata dia, otoritas pajak juga akan mudah melakukan kontrol kepada perusahaan, dibanding dengan pribadi perorangan. Sehingga lebih fokus pada pemberi kerja yang membayar imbalan tunai dan non-tunai kepada seluruh pegawainya (termasuk direksi/komisaris).

Baca juga : Memahami Komunikasi Antarpribadi Agar Kasus Asusila Ustadz Di Bandung Tak Terulang

Di dunia maya, rencana Sri Mul ini banyak dipergunjingkan warganet. Sebagian, mengabarkan ke rekan-rekannya, bahwa para penikmat fasilitas jet pribadi siap-siap harus bayar pajak atas natura yang mereka gunakan.

“Sri Mulyani bakal tarik pajak dari bos-bos yang pakai jet pribadi,” tulis @Olonedale. “Pesawat jet pribadi akan dikenakan pajak natura oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Siapa saja yang pakai?” timpal @AjaGunggun.

Sementara, akun @CarStalker2 meluruskan isu pajak fasilitas kantor yang dikeluarkan Sri Mul. “Pajak yang dimaksud SM (Sri Mulyani) untuk penggunaan fasilitasnya,” tulisnya.

Baca juga : JK Ajak Pemuda Muslim Berdagang

Sedangkan akun @assemblerAVR membayangkan sikap bos-bos penikmat fasilitas mewah atas ketentuan pajak yang dikeluarkan Sri Mul. “Kira-kira bakal ada yang teriak pajak naik nggak? Padahal boro-boro punya jet, naik aja belum pernah,” tulisnya. [IMA/DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense