BREAKING NEWS
 

I Gusti Ngurah Rai Jadi Bandara Penghubung Saat MotoGP Mandalika

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Kamis, 17 Februari 2022 16:13 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), telah melakukan sejumlah persiapan untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 Maret 2022.

Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Novie Riyanto mengatakan, akan menjadikan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, sebagai penghubung menuju Lombok. Bandara ini disiapkan menampung pesawat yang akan parkir apabila bandara di Lombok (Zainuddin Abdul Madjid) tidak cukup.

Baca juga : Demonstran Tersingkir, Jembatan Penting AS Kanada Buka Lagi

“Kita fasilitasi melalui bandar udara di sebelahnya, yaitu di Bali, yang kami siapkan khusus mengantisipasi penumpang yang akan memenuhi sirkuit, yang diperkirakan mencapai 60-65 ribu penonton,” katanya, seperti keterangan Kominfo yang diterima RM.id, Kamis (17/2).

Adsense

Bandara I Gusti Ngurah Rai, selain memiliki banyak stand apron, 46 di utara dan 16 di selatan, juga memiliki pelayanan yang cukup besar, sanggup menampung sebanyak 3.700 penumpang domestik dan 13.000 penumpang internasional. Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta pun disiagkan mengingat ada indikasi turut dilewati para rombongan tim pembalap yang berasal dari Asia dan Eropa.

Baca juga : MotoGP Mandalika Bangkitkan Ekonomi Hingga Rp 500 M

“Ada indikasi melewati Jakarta, untuk kru dan official yang akan hadir langsung di Lombok diperkirakan sebanyak 2.700 official dengan penerbangannya kemungkinan langsung dari Asia dan Eropa. Kita siapkan,” ucapnya.

Terkait konektivitas bandara domestik, Novei menerangkan, saat ini terdapat bandara lain yang terhubung langsung dengan Lombok selain Jakarta dan Bali. Di antaranya Surabaya, Bima, Makassar Sumbawa, Yogyakarta, dan Labuan Bajo. “Ini sudah kami siapkan terkoneksi dengan baik saat event,” jelasnya.

Baca juga : Sandi Dan Hadi Resmikan Media Center MotoGP

Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan operator penerbangan untuk membuat air shuttle dari Bali ke Lombok. “Kita akan laksanakan apabila dibutuhkan dan mudah-mudahan memberikan solusi terhadap keterbatasan jumlah penginapan di Lombok, kita bisa dukung dari Bali, Surabaya dan Jakarta,” ujarnya.

Sementara, dalam mengantisipasi terjadinya insiden saat balapan, pihaknya juga telah menyiapkan rute penerbangan khusus sebagai upaya penangan cepat bagi korban. “Ada banyak helikopter dari kepolisian, EO dan help center. Kami siapkan rute penebangan abapila terjadi kecelakaan agar dilaksanakan secara cepat dan efisien dari titik lokasi ke rumah sakit terdekat. Jika berat, langsung di bawa ke Bali,” pungkasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense