BREAKING NEWS
 

Konsisten Jalankan Enam Resep Jitu

Indonesia Negara Kuat Dalam Waktu 30 Tahun

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Rabu, 26 Juli 2023 07:30 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Deputi Bidang Politik, Hu­kum, Pertahanan dan Keamanan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bogat Widyatmoko menjelas­kan, untuk mewujudkan cita-cita Indonesia kuat juga harus diiringi dengan tiga landasan yang berkualitas. Yaitu, supremasi hu­kum, stabilitas dan ketangguhan diplomasi.

Bagot menilai, saat ini supre­masi hukum di Indonesia ma­sih menyisakan permasalahan, meskipun sudah mulai membaik.

Baca juga : Pengamat Maritim Ingatkan Pentingnya Penetapan Landas Kontinen

Dari stabilitas terutama ke­amanan, di beberapa daerah ma­sih ditemui sejumlah tantangan. Hal ini pula yang akhirnya mengganggu iklim investasi.

“Ke depan, landasan supre­masi hukum, stabilitas, dan ketangguhan diplomasi harus diwujudkan dengan transformasi kondusif dan efektif untuk berbagai transformasi sosial dan tata kelola,” ujarnya.

Baca juga : Ganjar Dekat Dengan Ulama

Pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi menilai, hilirisasi akan menjadi faktor penentu Indonesia untuk naik tingkat dari negara berkembang menjadi negara maju.

Menurutnya, Pemerintah tidak boleh goyah walaupun tekanan datang dari dunia internasional. Terutama negara Eropa Barat yang menggugat Indonesia soal larangan ekspor bijih nikel di World Trade Organization (WTO).

Baca juga : Setan Merah Ikat Rashford 5 Tahun

“Indonesia akan menjadi kuat jika berhasil dalam hilirisasi. Karena, pertumbuhan ekonominya bakal ditopang sektor manu­faktur. Bukan lagi ditopang konsumsi,” tutupnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 26/7/2023 dengan judul Konsisten Jalankan Enam Resep Jitu, Indonesia Negara Kuat Dalam Waktu 30 Tahun

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense