BREAKING NEWS
 

Menko Mahfud: Partisipasi Meningkat, Pilkada Tanpa Klaster Covid-19

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Senin, 14 Desember 2020 19:33 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD usai Rapat Refleksi dan Proyeksi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Amarta Ballroom Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, Senin (14/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung 9 Desember 2020 lalu berjalan dengan lancar. Pilkada serentak 2020 berhasil digelar di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Menko Mahfud menegaskan, penyelenggaraan Pilkada di masa pandemi tidak memunculkan klaster baru Covid-19.

"Kami bersyukur berhasil mengatasi kekhawatiran, kecemasan yang dulu muncul ketika pilkada serentak ini akan dilaksanakan di dalam suasana Covid," ujar Mahfud usai Rapat Refleksi dan Proyeksi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Amarta Ballroom Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, Senin (14/12).

Sebelumnya, menurut Mahfud, banyak sekali masukan kepada pemerintah agar pilkada ditunda. Salah satunya, karena prediksi timbulnya klaster baru. Namun, lanjut Mahfud, pemerintah harus mengambil keputusan dengan mempertimbangkan berbagai masukan masyarakat.

Baca juga : Partisipasi Pemilih Pilkada Cuma 50%

"Semua saran kita tampung kita ajarkan protokol kesehatan dan alhamdulillah belum ada kasus bahwa kerumunan pilkada itu menjadi kluster baru. Apakah covid itu masih ada? Masih" tegas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Menko Mahfud mengapresiasi kepedulian masyarakat, baik yang setuju pilkada ditunda maupun yang setuju Pilkada tetap dilaksanakan. Itu semua, menurut Mahfud, bukti kecintaan masyarakat terhadap bagsa ini.

Adsense

"Tingkat partisipasi, alhamdulillah meningkat. Dulu partisipasi kita di pilkada serentak 2015 itu adalah 69,02 persen, sekarang naik menjadi 75,82 persen. Jauh lebih tinggi dari pemilihan yang ada di Amerika," tambah Mahfud.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh ormas-ormas, kepada LSM yang secara objektif mensyukuri keberhasilan Pilkada yang dulu dikhawatirkan bersama ini," ucap Mahfud.

Baca juga : Vaksin Lengkapi Upaya Pemerintah Perangi Covid-19

Ke depan, Mahfud berpesan kepada penyelenggara untuk bekerja keras sampai penghitungan selesai. Ia juga mempersilakan apabila ada yang ingin mengajukan gugatan Pilkada ke MK.

"Tahapan masih terus berlangsung. Kami sepakat supaya KPU, Bawaslu, Forkopimda, terus bekerja sampai penghitungan selesai, bahkan sampai perlu nanti kalau ada yang mau ke MK, dipersilakan ke MK," pungkas Mahfud.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan, keberhasilan Pilkada di masa pandemi tahun ini bisa menjadi contoh bagi negara-negara lain.

"Di tahun 2020 ini ada 90an negara yang melaksanakan election. Pilkada ini adalah election nomor 2 terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan berlangsung cukup baik. Ketegasan dari aparat keamanan TNI, Polri, Satpol PP yang telah selesai mencoblos supaya mencegah kerumunan, juga mempermudah rekan-rekan di TPS," papar Mendagri Tito Karnavian.

Baca juga : BPOM Ajak OKI Cari Solusi Tangani Pendemi Covid-19

Turut hadir dalam acara ini, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua KPU RI Arif Budiman, Ketua Bawaslu RI Abhan, Sultan HB. X yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, dan hadir secara virtual kepala daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense