BREAKING NEWS
 

Jelang Tahun Baru, Corona Makin Meluas

Zona Merah Naik Terus, Keterisian Rumah Sakit Tinggi

Reporter & Editor :
APRIANTO
Rabu, 30 Desember 2020 08:55 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan, telah terjadi lonjakan zona merah di seluruh Indonesia. Penularan Covid-19 semakin memburuk. Ada tiga provinsi dengan tingkat pemanfaatan tempat tidur di ruang isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) tertinggi.

“Awal November, jumlah zona merah hanya 19 dari 314 kabupaten/kota. Namun, pekan ini angkanya meningkat drastis menjadi 72 kabupaten/kota. Ini menandakan, risiko penularan di kabupaten/kota mengalami perkembangan ke arah yang tidak baik,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, kemarin.

Wiku memaparkan, berdasarkan data Satgas update mingguan, per 27 Desember 2020, zona merah terjadi di 60 kabupaten/kota menjadi 72 kabupaten/ kota. Status zona oranye di 378 kabupaten/kota menjadi 377 kabupaten/kota. Zona kuning di 64 kabupaten/kota menjadi 49 kabupaten/kota.

Baca juga : Jelang Natal Dan Tahun Baru, Pertamina Optimalkan Pasokan LPG Di Serang Dan Cilegon

Sedangkan zona hijau masih terjadi di delapan kabupaten/kota, dan ada empat kabupaten/kota yang tidak terdampak Covid-19.

Menurut Wiku, Jika dilihat pada tren perkembangan kabupaten/kota dengan zona risiko tinggi atau zona merah, ternyata sejak minggu pertama November angkanya cenderung meningkat.

Adsense

“Ini selaras dengan peningkatan kasus aktif, kasus positif dan kasus meninggal. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya,” jelasnya.

Baca juga : Duh, Kabel Internet Terus Beranak-pinang

Wiku mengingatkan, Pemerintah Daerah untuk terus memonitor dan memperbaiki zonasi risiko penularan Covid-19 di wilayah masing-masing. Masyarakat pun diminta terus disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Meski pada zona risiko sedang, angkanya menurun. Serta pada kabupaten/kota yang tidak ada kasus baru dan tidak terdampak angkanya tidak ada perubahan, namun meningkatnya angka zona merah perlu menjadi perhatian bersama. Ini menjadi bahan evaluasi untuk masing-masing daerah.

Soal keterisian tempat tidur, Wiku mengatakan, ada sejumlah provinsi dengan tingkat pemanfaatan tempat tidur di ruang isolasi dan ICU tertinggi.

Baca juga : Duh, Kepatuhan Warga Patuhi Prokes Merosot

“Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, terdapat beberapa provinsi yang pemanfaatan tempat tidur di ruang isolasi dan ruang ICU tertinggi. Yaitu Provinsi Jawa Barat, Yogyakarta, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI dan Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Wiku mengungkap data persentase penggunaan tempat isolasi dan ruang ICU di Tanah Air untuk pasien Covid-19. Per 27 Desember, penggunaan tempat isolasi sebesar 62,63 persen. Sedangkan penggunaan ICU sudah 55,6 persen per 27 Desember 2020.

Ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi dalam konteks layanan kesehatan terkait Corona. Yaitu, peningkatan jumlah kasus, ketersediaan sarana- prasarana, peralatan, logistik obat-obatan dan peningkatan penularan Corona kepada tenaga kesehatan. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense