Dark/Light Mode

Jadi Kekuatan Utama Cegah Corona

Bunda, Yuk Ajak Keluarga Jaga Kebersihan Dan Patuhi Prokes

Kamis, 19 November 2020 06:32 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Peran setiap anggota keluarga dalam mencegah penyebaran Covid-19 sangat penting. Salah satunya, dengan saling mengingatkan untuk langsung bersihbersih setelah beraktivitas dari luar rumah.

Menurut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, potensi keluarga menjadi klaster Covid-19 sangat besar.

Saat ini, kata dia, sudah banyak anggota keluarga yang melakukan aktivitas di luar rumah. Hasto mengatakan, aktivitas di luar rumah memungkinan bersinggungan dengan banyak orang yang tidak bisa diketahui asal-usul pergerakan sebelumnya.

Baca juga : Pandemi Belum Berakhir, LPOI Ajak Masyarakat Jauhi Kerumunan Dan Terapkan Prokes

Dia menyarankan, setiap anggota keluarga wajib saling mengingatkan untuk bergegas berganti pakaian setelah beraktivitas dari luar rumah. “Ini demi meminimalisir penyebaran virus Corona dan membuat (mencegah) klaster keluarga,” katanya.

Yang perlu disadari bersama, kata Hasto, klaster satu dengan klaster Corona yang lainnya bertemu dalam satu keluarga yang sama.

Karena itu, saran dia, pakaian yang dipakai beraktivitas dari luar rumah harus segera diganti dan ditaruh di tempat tertutup ketika sudah pulang ke rumah.

Baca juga : Doni Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan, Caranya Patuhi Prokes

“Kenapa harus wadah yang tertutup? Karena, baju-baju itu masih memiliki potensi penularan,” tuturnya.

Diketahuinya, Covid-19 bisa bertahan selama 20 menit di pakaian.

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo berharap, semua lapisan masyarakat terus bergotong-royong memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga : Bupati Maluku Tenggara Komit Terus Bangun Perbatasan

Jangan sampai, jumlah kasus aktif makin banyak. “Selalu patuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar Doni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.