BREAKING NEWS
 

Komisioner HAM PBB Tak Sabar Ke Xinjiang, China Kasih Syarat

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Rabu, 25 Mei 2022 07:22 WIB
Komisioner Tinggi PBB untuk HAM Michelle Bachelet bersama Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Guangzhou, China, Senin, 23 Mei 2022. (Foto Xinhua)

RM.id  Rakyat Merdeka - China bersedia memfasilitasi kunjungan Komisioner Tinggi HAM PBB (UNHCHR) Michelle Bachelet ke Xinjiang. Mantan Presiden Chile itu dijadwalkan berkunjung ke Daerah Otonomi Xinjiang untuk bertemu dengan pimpinan berbagai sektor dan tokoh masyarakat Muslim Uighur, yang kini diduga mengalami represi hingga genosida oleh Beijing.

“Saya menantikan pertemuan dengan banyak orang yang berbeda selama kunjungan saya. Saya akan membahas beberapa isu yang sangat penting dan isu sensitif. Saya harap ini akan membantu kami membangun rasa saling percaya, ”kata Bachelet seperti dilansir Aljazeera, Selasa (24/5).

Baca juga : China: Kedatangan Komisioner HAM PBB Bisa Klarifikasi Soal Uighur

Bachelet tiba di China, Senin lalu. Ia berkunjung ke Provinsi Guangdong dan disambut hangat Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

"Kami berharap kunjungan tersebut dapat meningkatkan kerja sama kedua belah pihak dan memberikan kontribusi positif dalam memperjuangkan HAM secara internasional,” pernyataan Kemeterian Luar Negeri China.

Baca juga : Tolong Dong, Pertamina Dikasih Kepastian

"Menlu Wang Yi berharap perjalanan ini akan meningkatkan pemahaman dan membantu untuk mengklarifikasi informasi yang salah," imbuh pernyataan itu.

Wang akan memfasilitasi kunjungan itu, namun ia punya syarat. Wang menjelaskan, kunjungan komisioner tinggi tersebut dilaksanakan dengan manajemen lingkaran tertutup (close loop) sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Adsense

Baca juga : Puan: Kerja Legislasi DPR Tak Sekadar Kuantitas, Tapi Kualitas

"Jadi kedua belah pihak telah bersepakat tidak ada wartawan yang mendampingi perjalanannya. Bachelet akan memberikan pernyataan pers atas kunjungannya ke China pada saatnya nanti," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense