BREAKING NEWS
 

Pesawat Yang Ditumpanginya Muter 360 Derajat

Jokowi Selamat Sampai Jerman

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : SISWANTO
Selasa, 28 Juni 2022 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) disambut oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz saat tiba di lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman (Senin (27/6/2022). (ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/Handout/sgd/rwa).

 Sebelumnya 
Ramai jadi pembahasan, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin angkat bicara.

Adsense

Bey yang berada dalam pesawat bersama Presiden menjelaskan, tidak ada masalah berarti dari insiden tersebut. Manuver 360 derajat itu tak lebih dari waktu tiba rombongan di Munich. GIA-1 diperkirakan tiba lebih cepat dari slot waktu yang disediakan.

Penyesuaian itu telah disetujui Sesmilpres Marsda TNI M Tonny Harjono, dengan mempertimbangkan aspek keselamatan dan keamanan.

“Agar kedatangan pesawat GIA-1 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan. Dan hal itu sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden yang turut serta dalam penerbangan tersebut,” jelas Bey.

Baca juga : Induk Perusahaan FPNI Ekspansi Bisnis Material Baterai, Kerja Sama Dengan Elon Musk?

Hal senada dijelaskan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. Kata dia, tidak ada persoalan teknis dari pesawat. Hanya berkaitan dengan waktu ketibaan di Jerman.

Disambut Meriah

Setelah pesawatnya memutar 360 derajat, Jokowi dan rombongan melanjutkan penerbangan ke Munich International Airport. Jokowi tiba Minggu (26/6) pukul 18.40. Jokowi disambut Menteri Urusan Eropa dan Internasional, Negara Bagian Bavaria Melanie Huml dan sebaris pasukan berpakaian adat Bavaria.

Bukan hanya oleh pejabat negara setempat, kehadiran Jokowi ternyata sudah ditunggu-tunggu WNI yang berada di Jerman. Saat tiba di Hotel Munich, Jokowi disambut sebuket kembang dari masyarakat Indonesia yang sudah berkumpul. Mereka juga membentangkan bendera merah putih.

Baca juga : Prabowo, Hadi, Sofyan, dan Lutfi Menghadap Jokowi Sore Ini

“Terima kasih atas sambutan yang ramah dan menyenangkan ini,” ucap Jokowi.

Keesokannya, Jokowi menghadiri KTT G7 ke-48 yang digelar di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman. Untuk menuju lokasi, Jokowi naik helikopter militer bersama Perdana Menteri India Narendra Modi. Kehadirin Jokowi dan Modi lengsung disambut Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Pada sesi working lunch KTT G7 yang mengambil topik perubahan iklim, energi, dan kesehatan, Jokowi mengajak kepada negara-negara G7 untuk berkontribusi memanfaatkan peluang investasi di sektor energi bersih di Indonesia.

“Indonesia membutuhkan setidaknya 25-30 miliar dolar AS untuk transisi energi 8 tahun ke depan. Transisi ini bisa kita optimalkan sebagai motor pertumbuhan ekonomi, membuka peluang bisnis, dan membuka lapangan kerja baru,” ujarnya.

Baca juga : 5 Tahun Berlalu, Jokowi Masih Saja Kesal

KTT G7 merupakan pertemuan tahunan negara G7 yang beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Perancis. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense