BREAKING NEWS
 

Catatan Perjalanan Ke Negeri Singa (Seri 3)

Meet The People, Sesi Warga Singapura Curhat Ke Parlemen

Reporter & Editor :
MARULA SARDI
Kamis, 20 Juli 2023 08:00 WIB
Lokasi meet the people di salah satu komplek perumahan di Singapura. (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Saat saya masuk, banyak konstituen yang menyampaikan permasalahannya. Saya kemudian duduk disamping relawan untuk mendengar keluhan salah satu konstituen. Saya tidak boleh menyebut identitas pelapor. Tapi, saya akan bercerita tentang persoalan yang disampaikan.

Kemudian, relawan membacakan ulang laporannya itu, setelah itu laporannya dikirim ke SPS Ms. Rahayu Mahzam. Dalam laptop itu terlihat bahwa proses perjalanan laporan itu. Apakah sudah dibaca atau belum dan bagaimana tindak lanjutnya.

Baca juga : Enabling Village, Desa Inklusif Yang Memampukan Difabel

Menariknya begini, di Singapura pemilik kursi mayoritas di parlemen membentuk Pemerintahan. Makanya, selain anggota parlemen SPS Ms. Rahayu Mahzam juga ikut memiliki jabatan di Kementerian Kesehatan dan Kementerian Hukum.

Adrenalin saya pun melonjak. Rasa lelah karena meliput seharian terlupakan. Apalagi cara kerja ini mengingatkan saat saya meliput di Balai Kota Jakarta di era Pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Baca juga : Sowan Ke Nas Daily Singapura

Saat itu, Ahok membuka Balaikota untuk warganya menyampaikan berbagai keluhan. Ada juga aplikasi Qlue yang bisa digunakan warga untuk melaporkan secara online. Laporan warga itu kemudian diverifikasi dan ditindaklanjuti.

Kembali ke sesi MPS. Para relawan menyampaikan bahwa berbagai permasalahan warga hampir terpecahkan. Karena, untuk persoalan perumahan langsung disampaikan ke lembaga terkait.

Baca juga : Rumah Inovasi & Teknologi Iran

Dengan cara kerja partai seperti ini, maka tidak heran PAP selalu menjadi partai pemenang di Singapura. Sesi menampung aspirasi bukan basa basi formalitas untuk memenuhi kredit kerja. Lebih dari itu, persoalan rumah tangga pun disampaikan kepada anggota parlemen untuk dicarikan jalan keluarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense