BREAKING NEWS
 

Ikut Merayakan Pelantikan Presiden AS

Warga Kampung Kakek Harris Di India Semarak

Reporter : PAUL YOANDA
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Kamis, 21 Januari 2021 05:58 WIB
Warga desa Thulasendrapuram, kampung kakek Harris, di India ikut menyambut momen pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris. (Foto : Reuters).

 Sebelumnya 
Harris, wanita kelahiran 20 Oktober 1964, dinilai sebagai ikon pendobrak sejarah AS. Banyak warga berharap bahwa mantan jaksa di San Fransisco, Jaksa Agung di California dan Senator AS ini bisa menghadirkan pe­merintahan yang mengedepankan keadilan dan kesetaraan.

Harris juga memiliki latar bela­kang yang menarik. Dia lahir dari ibu keturunan India, Shyamala Gopalan, dan ayah yang berasal dari Jamaika, Donald Harris.

Dia adalah anak imigran. Latar belakang tersebut membuatnya memahami bahwa kesetaraan sangat mahal harganya, dan membutuhkan pengorbanan.

Baca juga : Ingat Trump, Ingat Mega

Pidato Perpisahan Trump

Beberapa jam menjelang pelantikan Biden-Harris, Presi­den Donald Trump menyam­paikan pidato perpisahan dari Gedung Putih. Meski mengakui pemerintahan baru, ia tak kun­jung mengucapkan selamat kepada Biden, penggantinya.

“Kami telah melakukan apa yang harus kami lakukan di sini, dan lebih banyak lagi,” kata Trump.

Baca juga : Biden Hadapi Kombinasi 1861 Dan 1933

Presiden berusia 74 tahun itu menjalankan kebijakan berkonflik dengan China serta mem­buat serangkaian kesepakatan damai di Timur Tengah.

“Saya sangat bangga menjadi presiden pertama dalam beberapa dekade yang tidak memulai perang baru,” katanya.

Soal kerusuhan di Capitol AS pada 6 Januari lalu, Trump me­negaskan, serangan di Capitol Hill, gedung parlemen AS, tidak pernah bisa ditoleransi.

Baca juga : Washington DC Mencekam

Dalam pidatonya, kesan Trump belum luntur. Dia mengakui, terbentuknya pemerin­tahan baru. Tapi, secara politik, Trump memberi sinyal belum menyerah.

“Saya ingin Anda tahu bahwa gerakan yang kami mulai baru saja dimulai,” tandasnya. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense