Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cek Laik Udara, BKS Tinjau Pelaksanaan Ramp Check Pesawat Di Bandara Soekarno-Hatta

Minggu, 17 Januari 2021 15:11 WIB
Cek Laik Udara, BKS Tinjau Pelaksanaan Ramp Check Pesawat Di Bandara Soekarno-Hatta

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pelaksanaan inspeksi keselamatan atau ramp check pesawat, yang dilakukan secara periodik oleh Ditjen Perhubungan Udara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (17/1).

Ramp check hari ini dilakukan pada pesawat Batik Air nomor registrasi PK – LBH. Menteri yang akrab disapa BKS itu mengatakan, pelaksanaan ramp check dilakukan oleh para Inspektur dari Ditjen Perhubungan Udara, untuk memastikan kelaikudaraan pesawat yang akan terbang.

Ramp check dilakukan secara terjadwal maupun tidak terjadwal atau sewaktu-waktu. "Hari ini, kita melaksanakan ramp check. Proses pengecekan seluruh fungsi pesawat. Termasuk fungsi mesin, fungsi pergerakan, dan lain sebagainya. Kami pastikan, seluruh pesawat yang akan take off di semua bandara di Indonesia, telah memiliki suatu kualifikasi laik," tegas BKS.

Baca juga : Indikator Kinerja Perpustakaan Harus Mengacu Pada Manfaat Bagi Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan, kegiatan ramp check ini tidak hanya mengecek badan pesawat. Dokumen terkait pesawat, juga ikut diperiksa.

"Kita tadi langsung on site mengecek pesawat Batik Air. Kita cek log book-nya, kita cek fisiknya, kita cek pilotnya, kita cek personelnya. Serta catatan-catatan apa yang ada di history di dalam pesawat. Ini semua dipastikan untuk menjamin keselamatan. Bahwa semuanya berjalan dengan sebagaimana mestinya," ujar Novie.

Semua hal terkait komponen pesawat, harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, baik pabrik maupun pemerintah. Jika dalam kegiatan ramp check ditemukan hal-hal yang tidak sesuai ketentuan, maka pesawat tersebut tidak akan diizinkan berangkat.

Baca juga : Pre Order Service Bikin Lancar Tes Covid-19 Di Bandara Soekarno-Hatta

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan operator bandara mendukung keselamatan penerbangan khususnya terkait pergerakan pesawat di bandara.

Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta telah mengimplementasikan konsep berbasis teknologi yakni Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) yang dapat meningkatkan kolaborasi antara PT Angkasa Pura II selaku operator bandara dengan penyedia jasa navigasi penerbangan. Yakni AirNav Indonesia, maskapai, penyedia jasa ground handling dan stakeholder lainnya. Hak ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta keselamatan penerbangan. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.