BREAKING NEWS
 

Bagaimana Merawat Kemabruran Haji? (2)

Memelihara Tahmid Dan Syukur

Jumat, 29 Juli 2022 06:39 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Al-Junaid mengatakan, syukur ialah engkau tidak me­mandang dirimu sebagai pemilik nikmat. Syâkir adalah orang yang mensykuri atas adanya pemberian, sedang syakûr mensyukuri atas penolakan. Ada juga yeng menga­takan, syâkir adalah orang yang mensyukuri atas nikmat, sedangkan syakûr adalah mensyukuri atas musibah yang menimpanya.

Baca juga : Senantiasa Bertaubat

Menurut Al-Syiblî syukur ialah melihat kepada pemberi nikmat dan bukan kepada nikmatnya. Pernyataan ini diper­kuat dengan ucapan nabi Ayyub AS. yang bersikap sabar terhadap musibah yang menimpanya, sehingga ia disebut sebagai hamba yang sebaik-baiknya. Demikian juga nabi Sulaiman AS. yang bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepadanya sehingga ia disebut juga sebagai hamba yang sebaik-baiknya. Hal ini disebabkan karena keduanya konsentrasi pada pemberi nikmat dan bukan pada musibah dan nikmat itu, sehingga dengan demikian keduanya tidak merasakan sama sekali rasa sakit dan nyaman.

Baca juga : Mengapa Banyak Cerita Unik di Mekkah?

Syukur ada tiga macam; syukur dengan lisan, inilah yang populer, syukur dengan hati, yaitu menyadari sep­enuhnya atas segala apa yang saksikan di bumi yang luas dan tetap konsisten menjaga kehormatan, serta syukur dengan aktualisasi diri. Syukur kedua mata adalah menahan dan menghindari dari segala yang diharamkan Allah atas keduanya dan dari segala aib orang.

Baca juga : Hakekat Thawaf (2)

Syukur kedua telinga adalah menyumbat keduanya dari segala aib orang dan yang tidak halal didengarnya. Syukur kedua tangan adalah menahan untuk tidak mengambil hak orang lain. Syukur kedua kaki adalah tidak menjalankannya pada arah yang menuju kemaksiatan. Harapan kita, semoga para jamaah haji senantiasa meningkatkan kualitas tahmid dan syukurnya kepada Allah Swt. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense