Dark/Light Mode

Tinjauan Haji Dalam Berbagai Dimensi Spiritual (18):

Rahasia Sumur Zamzam (3)

Minggu, 24 Juli 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Mata air yang mirip ceritanya dengan air Zamzam ialah mata air yang secara tidak sengaja dilakukan oleh Nabi Ayyub. Ketika penyakit yang diderita Nabi Ayyub mencapai puncaknya, sekujur tubuhnya dikerumuni bela­tung dan membusuk, akhirnya orang-orang di sekitarnya membuangnya ke sebuah gua di luar perkampungan.

Di gua inilah Nabi Ayyub tinggal seorang diri tanpa bekal. Dalam kitab-kitab Tafsir banyak diceritakan, belatung yang jatuh dari tubuhnya dipasang kembali sambil beru­cap:

“Wahai belatung, dulu kalian musuh saya, sekarang menjadi sahabat saya. Satu-satunya yang mau menemani saya dikegelapan goa ini hanya kalian. Hiduplah kalian di dalam tubuhku dengan tenang”.

Baca juga : Misteri Air Zamzam (2)

Nabi Ayub bersahabat dengan mereka walaupun pernah menjadi musuhnya di masa lampau.

Akhirnya, di bawah kedua tumit Nabi Ayub tiba-tiba muncul mata air yang jernih dan sejuk. Nabi Ayub minum dan membersihkan tubuhnya dengan air ajaib ini dan per­lahan-lahan penyakitnya sembuh, bahkan kulitnya tumbuh seperti dahulu, bersih dan tanpan.

Akhirnya Nabi Ayub turun gunung lalu bergabung kembali dengan umatnya, termasuk rujuk kepada isterinya yang pernah ikut membuangnya, setelah ia diberi hukuman berupa hukuman cambuk dari ikatan rumput. Kita tidak tahu di mana letak mata air Nabi Ayyub ini.

Baca juga : Misteri Air Zamzam (1)

Namun di kawasan pemakaman Nabi Ayyub di antara kota Amman dan Palestin penduduk setempat mengklaim oasisnya sebagai oasis Nabi Ayub. Nasib sumur ini sekarang kita tidak tahu karena di sekitar itu sedang berkecamuk perang saudara.

Semoga saja situs bersejarah ini tidak dirusak. Tidak jauh dari sumur ini terletak makam Sekh Al-Nawawi, ulama besar pengarang kitab Riyadh Al-Shalihin, kitab wajib bagi Pondok Pesantren di Indonesia dari dulu hingga saat ini.

Selain cerita tentang air Zamzam, masih banyak lagi cerita lain, misalnya perjumpaan seseorang dengan orang misteri, seperti berjumpa dengan keluarga yang sudah meninggal atau orang-orang yang tidak menunaikan jamaah haji di kampungnya. Cerita ditolong oleh orang-orang misteri ketika dalam kesulitan, dan cerita-cerita aneh lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.