Dark/Light Mode

Tinjauan Haji Dalam Berbagai Dimensi Spiritual (14):

Menyingkap Misteri Hijir Ismail

Selasa, 19 Juli 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Yang dimaksud Hijir Ismail ialah sebuah setengah ling­karan yang terletak di sebelah utara Ka’bah, ditandai dengan bangunan dinding tembok setinggi dada orang dewasa. Kata hijir berarti kamar atau sebuah tempat yang dibatasi dengan dinding pengaman.

Dalam sejarah, semula Hijir Ismail bagian dalam dari bangunan Ka’bah yang dikatakan semula berbentuk bulat telur, namun ketika Ka’bah direhab pada tahun 606 M oleh suku Quraisy, mengalami keterbatasan kemampuan sehingga ukuran Ka’bah diperkecil dan dibuat segi empat seperti sekarang. Hijir Ismail dianggap bagian dalam dari Ka’bah. Orang yang shalat di dalamnya sama dengan shalat di dalam Ka’bah. Konon di dalam lingkaran ini Siti Hajar dimakamkan.

Baca juga : Menyingkap Misteri Multazam

Di antara keutamaan Hijir Ismail adalah sebuah tempat yang dianjurkan untuk shalat sunnat di dalamnya. Sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, “Wahai Abu Hurairah, di pintu Hijir Ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan shalat dua rakaat di Hijir Ismail; kamu telah diampuni dosa-dosamu. Maka mulailah dengan amalanmu yang baru". Hadis lain riwayat Aisyah dikatakan, ”Shalatlah kamu di sini jika kamu ingin shalat di dalam Ka’bah, karena ini termasuk sebagian dari Ka’bah". Tempat ini dikontrol ketat oleh pihak security Mekkah karena sering terjadi pemadatan pengunjung.

Dalam sebuah riwayat juga mengungkapkan keuta­maan Hijir Ismail ialah bagian atau tempat khusus yang mustajabah jika kita berdoa di dalamnya. Dikatakan bahwa pada suatu hari ketika Nabi Ismail menyampai­kan keluhan kepada Allah SWT tentang panasnya kota Mekah, lalu Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Ismail: “Sekarang Aku buka Hijirmu salah satu pintu surga yang dari pintu itu keluar hawa dingin untuk kamu sampai hari kiamat nanti”.

Baca juga : Misteri Maqam Ibrahim

Dalam hadits lain riwayat Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, “Wahai Abu Hurairah, di pintu Hijir Ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan shalat dua rakaat di Hijir Ismail; kamu telah diampuni dosa-dosamu. Maka mulailah dengan amalanmu yang baru".
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.