BREAKING NEWS
 

Bagaimana Merawat Kemabruran Haji? (8)

Memelihara Rasa Optimisme

Jumat, 5 Agustus 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Raaja’ bisa juga berarti takut, seperti firman Allah SWT: “Mengapa kamu tidak takut akan kebesaran Allah? (QS. Nuh/71: 13). Menurut kalangan ahli tasawuf, pengharapan ialah menggantungkan hati pada sesuatu yang dicintai agar terjadi di masa yang akan datang. Raja’ diartikan dengan kepercayaaan atas kemurahan Yang Maha Pemurah, mendekatkan hati kepada kemahalembutan Tuhan, menyenangkan hati dengan adanya janji baik, atau hidupnya hati dengan penuh harapan.

Baca juga : Memelihara Rasa Malu

Raja’ dalam tulisan ini lebih ditekankan kepada makna pandangan keluasan rahmat Allah SWT. Optimismee tidak akan terwu­jud tanpa disertai rasa takut, sebagaimana rasa takut juga tak akan terwujud tanpa disertai harapan. Ibarat sepasang sayap, keduanya tak dapat dipisahkan, harapan tanpa rasa takut, akan hilang esensinya. Rasa takut tanpa harapan, esensinya akan terbengkalai dan melahirkan sikap putus asa dari rahmat Allah. Oleh karena itulah, sebagian ahli hakekat mengatakan, rasa takut dan harapan adalah seperti sepasang suami isteri, salah satu pihak tak berguna tanpa kerja sama antarkeduanya.

Baca juga : Memelihara Rasa Tawadhu`

Jika diumpamakan sepasang sayap, jika keduanya seirama dan berfungsi normal maka burung akan terbang dengan seimbang. Jika salah satu sayapnya berat, maka terbangnya akan mengalami gangguan. Jika kedua sayapnya hilang, maka burung itu akan jatuh dan jadilah seperti bangkai. Idealnya jika kita merasa perfect, ketaatan sudah dipenuhi dan perbuatan dosa sudah dijauhi maka mood seseorang wajar merasa optimis berharap dengan penuh optimisme. S

Baca juga : Memelihara Qana`ah

ebaliknya ketaatan belum tuntas dan dosa pun dikoleksi, maka wajar jika mood yang bersangkutan merasa takut (khauf). Jangan sampai terbalik, ada orang mrasa raja’ sementara ia berlepotan dosa dan mak­siyat, dan ibadahnya pun kurang.Sebaliknya jangan juga terus menerus merasa takut sekalipun sudah mengamalkan ajaran agamanya seara sempurna dan sudah lama meninggalkan dunia dosa dan maksiyat. Keseimbangan antara keduanya menentu­kan sukses tidaknya seseorang mengemban amanah sebagai hamba (‘ábid) dan sebagai khalifah di bumi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense