BREAKING NEWS
 

Koalisi “Sumbadra Larung”

Senin, 15 Agustus 2022 06:10 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan, saya ketiban sampur menjadi sutradara wayang orang tingkat desa. Hampir dua tahun tidak ada hiburan karena pandemi. Maka, rencana wayangan di balai desa disambut gembira segenap warga. Pesan Pak Lurah sangat jelas. Optimalkan potensi warga yang ada demi suksesnya hiburan rakyat. Para pemain wayang orang adalah anak-anak muda dan tokoh masyarakat. Hal ini untuk merekatkan hubungan antarwarga.

Baca juga : Ruwatan Di Tubuh Polri

Partisipasi warga untuk mendukung suksesnya acara sangat baik. Semangat gotong royong dan jiwa sosial masih dijunjung tinggi. Seperti Pak Nugroho yang bersedia meminjamkan seperangkat gamelan untuk dipakai wayangan. Begitu pula dengan Pak Jati menyumbang penabuh gamelan atau niyogo. Pak Jati di kampung terkenal sebagai pimpinan pengrawit wayang.

Baca juga : Kresna Ngunduh Mantu

Lakon yang dipilih pun sudah disepakati yaitu cerita Sumbadra Larung. Artinya, Sumbadra dibuang ke laut. Latihan main gamelan mulai digelar setiap malam supaya tidak bikin malu. Walau hanya pertunjukan tingkat desa, namun semangatnya tidak kalah dengan tingkat nasional. Justru muncul permasalahan saat casting memilih para pemain inti.

Adsense

Baca juga : Argo Keloso Fashion Show

Semua orang ingin memerankan tokoh Kresna. Rupanya semua orang pingin jadi ratu. Seperti Pak Nugroho paling lantang dan merasa pantas jadi Ratu Dwarawati. Semangat untuk menjadi pimpinan berkobar di usia paruh bayanya. Bahkan dia sempat mengancam kalau dirinya tidak dipilih sebagai tokoh Kresna, maka seperangkat gamelan akan ditarik tidak jadi dipinjamkan. Alasan Pak Nugroho masuk akal ngebet jadi pimpinan. Mungkin karena masih trauma atas kekalahan pemilihan ketua RT tahun lalu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense