BREAKING NEWS
 

Teologi Lingkungan Hidup (126)

Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Dinding Dan Daun Pintu Pun Merespon Manusia

Senin, 5 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Jika daun tembok yang terdiri dari batu dan daun pintu terbuat dari kayu atau besai yang selama ini dipersepsikan se­bagai benda mati, ternyata Allah SWT Sang Pencipta segalanya menegaskan bahwa tidak ada sesuatu yang bisa disebut benda mati. Semuanya bisa merespon sikap dan perbuatan manusia. Bahkan yang tersembunyi di dalam hati dan pikiran pun makhluk-­makhluk Allah SWT nisa merekan, menjadi saksi, dan sekaligus mengaminkan doa-doa yang dipanjatkan anak manusia di sekitarnya. Jangan pernah kita mengira bahwa Tuhan tidak menyaksikan perkataan, perbuatan, dan sikap kita. Semua bisa direkam dengan jelas apapun yang kita lakukan. Karena itu jangan pernah menyia-nyiakan apalagi ”memperkosa” lingkungan alam, karena mereka juga makhluk biasa yang juga memiliki emosi yang dapat digunakan untuk gembira dan marah.

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (5)

Jika kesadaran teologis kita semakin meningkat maka diharapkan mempuntai dampak positif terhadap kelestarian dan kesehatan lingkungan alam. Jika sebaliknya, kita semakin masa bodoh terhadap lingkungan, maka malapetaka tentu akan mengancam kelangsungan hidup manusia.

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (4)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 5 Februari 2024 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (126), Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Dinding Dan Daun Pintu Pun Merespon Manusia"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense