Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (120)

Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (1)

Sabtu, 27 Januari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Yang dimaksud Abrahamic Religions (AR) ialah kelompok agama yang tergabung di dalam agama-agama yang dibawa oleh anak-cucu Nabi Ibrahim, yaitu Agama Yahudi (Ortodox, Konservatif, dan Reform), Agama Nashrani yakni Katolik dan Keristen dengan seluruh denominasinya, yang di Indonesia tidak kurang 300 denominasi, dan Agama Islam dengan seluru kelompok aliran dan mazhabnya.

Ayat yang paling pertama dirujuk untuk membicarakan hubungan manusia dan ling­kungan alam dan lingkungan hidup manusia antara lain:

Baca juga : Resakralisasi Alam Semesta: Menggagas Fikih Lingkungan Hidup

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (Q.S. al-Baqarah/2:30)

Paralel dengan ayat Al-Qur’an di atas ialah beberapa ayat di dalam Bibel (Perjanjian ­Lama) dan kitab Taurat, kitab suci agama Nasrani dan Yahudi ­khususnya dengan kitab Taurat sbb:

Baca juga : Resakralisasi Alam Semesta: Pelajaran Berharga Dari Nabi

6) Kemudian Allah menga­takan, “Sekarang marilah kita membuat manusia seperti Kita sendiri. Mereka menjadi seperti Kita. Mereka akan memerintah atas semua ikan di dalam laut dan burung-burung di udara. Mereka memerintah atas semua binatang besar dan semua binatang kecil yang merayap di atas bumi.” (Genesis,1:6)

27) Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya. Ia menciptakan mereka ­seperti Ia sendiri. Ia menciptakan ­mereka laki-laki dan perempuan. ­(Genesis,1:7)

Baca juga : Resakralisasi Alam Semesta: Arus Balik dari Post Truth

4) (8-5) Aku heran, “Mengapa manusia sangat penting bagi-Mu? Mengapa Engkau mengingatnya? Mengapa Engkau sangat peduli terhadap manusia? Mengapa Engkau memperhatikannya?” (Mazmur (8:8-5)
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.