Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (124)

Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (5)

Jumat, 2 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam agama Yahudi dan Nasrani, sesungguhnya juga sangat tegas melarang pengelolaan alam semesta dengan cara melampaui batas. Tidak bijaksana juga menuding agama Yahudi dan agama Keristen memberikan izin untuk mengelola alam sesuai kehendak manusia itu sendiri, sebagaimana pernyataan pasal-pasal dalam Al-Kitab yang sering dikutip oleh pemerhati lingkungan internasional:

28) Allah memberkati mereka dan mengatakan kepada mereka, “Beranak cuculah dan penuhilah bumi dan kuasailah itu. Berkuasalah atas ikan di dalam laut dan burung-burung di udara. Berkuasalah atas setiap makhluk hidup yang bergerak di atas bumi.” (Genesis,1:28)

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (4)

29) Allah berkata, “Aku memberikan kepadamu semua tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan buah dan semua pohon buah-buahan. Pohon-pohon itu membuat buah dengan benih di dalamnya. Semuanya itu menjadi makananmu. (Genesis,1:28)

Mestinya pasal-pasal tersebut tidak dilihat berdiri sendiri tetapi terdapat sejumlah pasal juga yang mengikat agar manusia memperhatikan keseimbangan hidup, bukan hanya untuk diri manusia tetapi juga dengan alam semesta. Agama-agama yang tergabung di dalam Abrahamic Religions, dengan berbagai alirannya mempunyai doktrin yang sama tentang relasi antara Tuhan, manusia, dan alam semesta. Terdapat sejumlah ayat dan penafsiran ayat yang dalam agama Yahudi biasa disebut Talmud atau Mishnah. Pasal-pasal dalam Al-Kitab banyak dijelaskan tentang ajaran keseimbangan antara Tuhan, manusia, dan alam semesta. Di antaranya:

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (3)

30) Dan Aku memberikan semua tumbuhan yang hijau kepada binatang. Tumbuh-tumbuhan yang hijau menjadi makanan setiap binatang di bumi, setiap burung di udara, dan semua binatang kecil yang merayap di atas bumi.” Dan jadilah demikian. (Genesis,1:30).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.