Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (123)

Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (4)

Kamis, 1 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain ayat-ayat Al-Qur’an, penyelamatan lingkungan hidup juga banyak disampaikan melalui pesan Nabi. Dalam Islam, Nabi Muhammad SAW banyak menyampaikan perlunya melestarikan lingkungan hidup. Di antaranya Nabi sangat mencintai tanaman dan pepohonan. Setiap kali pasukannya pergi berperang terlebih dahulu ia memesankan tiga pesan khusus, yaitu Jangan membakar atau merusak tanaman atau pepohonan, jangan merusak rumah ibadah agama lain, dan jangan mengganggu Perempuan dan orang-orang yang sudah tua bangka (‘ajuz).

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (3)

Begitu cintanya Nabi terhadap pepohonan maka Nabi pernah menyatakan bahwa seandainya dunia ini besok sudah pasti kiamat maka tetaplah kalian menanam pohon. Ketika Nabi bersembuni di gua Tsaur, salahsatu yang menyelamatkan Nabi ialah pepohonan di ­pinggir yang tumbuh di bibir goa. Ketika Nabi bersem­bunyi di dalamnya, maka lubang ­vertical di atasnya ditutupi oleh pepohonan yang merebahkan dirinya untuk menutupi lubang tersebut, sehingga pasukan yang mengejarnya tidak bisa melihat adanya lubah di bagian atas.

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (2)

Dalam kejadian lain, Ketika Nabi melaksanakan perja­lanan Panjang melintasi padang ­pasir, ia bermasud membuang hajatnya, lalu ia pergi agak jauh terpisah dengan rom­bongannya. Dalam kesempatan itu ada yang Ajaib, tiba-tiba pepohonan berkerumun menutupi tempat Nabi membuang hajat. Setelah selesau maka pepohonan itu kekbali ke tempat asalnya ­masing-masing. Inilah yang ­masyhur dikenal seba­gai salahsatu mukjizat Nabi memerintahkan pepohonan berjalan meninggalkan tempatnya semula.

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (1)

Belakangan kita tahu bahwa betapa pentingnya keberadaan pohon untuk keselamatan dan kelangsungan hidup anak manusia. Bukan hanya untuk keperluan bangunan fisik dan untuk keperluan perabotan manusia, tetapi ternyata lebih jauh dari itu pepohonan bisa mengantarkan air hujang masuk ke dalam perut bumi selanjutnya untuk di­tabung guna keperluan anak manusia. Itulah nanti yang secata telaten mengalir di atas Sungai Kembali ke laut. Pepohonan juga berfungsi untuk menahan tanah agar tidak lonsor, dan sebagai paru-paru dunia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.