BREAKING NEWS
 

Living Qur`an (21)

Berkepribadian Istiqamah

Rabu, 3 April 2024 05:45 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Makna istiqamah ditegaskan oleh Nabi: “Beristiqâmahlah dan jangan menghitung-hitung (amalmu). Ketahuilah sebaik-baik amal kamu ialah salat.” Orang yang suka menghitung amalnya bukan hanya istiqamahnya bermasalah tetapi juga keikhlasannya dalam beramal. Kita tidak pernah dan tak akan mungkin kita menghitung seluruh nikmat yang Allah berikan kepada kita, tetapi kenapa kita mau menghitung apa yang kita persembahkan kepada Allah.

Baca juga : Allah: Huwa la Huwa

Kata Abu Ali ad-Daqqâq, istiqâmah itu ada tiga tingkatan: 1) Taqwim (penegakan) sebagai proses latihan nafsu, 2) Iqâmah (berdiri) sebagai pendidikan hati, dan 3) Istiqâmah sebagai pendekatan rahasia-rahasia. Orang yang istiqamah berarti tangguh dalam perinsip, dapat dipercaya, amanah, dan memiliki banyak sifat terpuji di dalam dirinya. Istiqamah hanya dapat dimiliki oleh orang-orang yang berjiwa besar. Karena istiqamah mempunyai berbagai tantangan.

Baca juga : Allah: A God dan The God (3)

Istiqamah bukan hanya untuk orang perorangan tetapi juga untuk suatu komunitas atau masyarakat. Jika suatu komunitas tidak punya istiqamah sama dengan tidak punya visi dan misi, tidak jelas ke mana arah dan tujuannya. Suatu komunitas tanpa tujuan maka ajalnya akan terancam. Dalam Al-Qur’an, bukan hanya orang yang punya ajal tetapi juga suatu komunitas atau orde, sebagaimana firman Allah: Likulli ummatin ’ajal (setiap suatu komunitas punya ajal). Kita dianjurkan bermohon agar usia diri dan komunitas kita bertambah panjang.

Baca juga : Allah: A God Dan The God (3)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 8, edisi Rabu, 3 April 2024 dengan judul "Living Qur’an (21) Berkepribadian Istiqamah"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense